Media Asuransi, GLOBAL – Dengan penetrasi asuransi kurang dari 2%, Indonesia menyajikan pasar dengan ruang kepala pertumbuhan yang signifikan.
Hal itu disampaikan oleh PasarPolis yang berbasis di Indonesia, dalam sebuah pernyataan bahwa pasar asuransi Asia Tenggara siap untuk pertumbuhan yang signifikan, dengan wilayah utama seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia mewakili sekitar 60% dari total premi yang ditanggung.
Setelah memelopori ruang distribusi, PasarPolis mengatakan bahwa sekarang ini adalah satu-satunya perusahaan asuransi asli digital dengan kehadiran yang kuat di seluruh rantai nilai asuransi.
Menurut PasarPolis, pasar insurtech di Indonesia menunjukkan potensi yang menjanjikan dengan meningkatnya permintaan akan produk asuransi yang terjangkau.
|Baca juga: PasarPolis Raih Pendanaan Baru US$12 Juta
PasarPolis telah mengidentifikasi beberapa tren dalam kondisi pasar saat ini, termasuk bundling produk dan layanan bernilai tambah, asuransi tertanam, kemitraan dengan platform digital, bersama dengan pendekatan distribusi omnichannel untuk memasuki pasar yang berkembang.
Pendiri dan Chief Executive Officer PasarPolis, Cleosent Randing, menyampaikan bahwa pandangan optimisnya terhadap pasar asuransi di Indonesia, menyoroti meningkatnya permintaan akan produk asuransi yang terjangkau di wilayah tersebut.
“Ada peningkatan permintaan akan produk asuransi yang terjangkau karena meningkatnya kesadaran masyarakat kelas menengah, Insurtech full-stack seperti PasarPolis memiliki posisi yang baik untuk memenuhi tren ini,” katanya, dikutip pada laman technode, Selasa, 11 April 2023.
Dia juga menilai produk asuransi yang inovatif sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah di daerah.
“Dengan memanfaatkan teknologi dan umpan balik pelanggan, perusahaan seperti PasarPolis dapat menciptakan produk asuransi kontekstual yang mendorong kepuasan dan retensi pelanggan,” ujarnya.
Dia juga mencatat bahwa asuransi penanaman diperlukan dalam kegiatan sehari-hari di wilayah tersebut.
“Menanamkan asuransi melalui kemitraan dengan pelaku ekosistem yang relevan akan membantu dalam melayani kebutuhan asuransi sehari-hari pelanggan,” katanya.
|Baca juga: PasarPolis Luncurkan Tap Insure
Prospek ini sejalan dengan identifikasi McKinsey & Company terhadap beberapa tren di industri asuransi.
Salah satu tren tersebut adalah menggabungkan produk dan menawarkan layanan bernilai tambah bagi pelanggan berpenghasilan tinggi sebagai solusi bagi perusahaan asuransi.
Perusahaan asuransi di Asia Tenggara (SEA) kini berfokus untuk memikirkan kembali proposisi mereka dan meningkatkan perjalanan pelanggan. Penanggung juga bermitra dengan platform digital untuk menyematkan produk ke dalam perjalanan pelanggan, sangat sesuai dengan kebutuhan mereka.
Akhirnya, omnichannel muncul sebagai tema, memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan perusahaan asuransi melalui berbagai saluran.
Ke depan, PasarPolis mengatakan terus fokus pada strategi omnichannel-nya. Perusahaan baru-baru ini meluncurkan inovasi terbarunya, Tap Partners – sebuah platform digital inovatif yang dirancang untuk menyediakan pedagang offline sarana yang mulus untuk menjual produk asuransi tertanam.
Perkembangan ini menjanjikan untuk merevolusi industri asuransi dengan memberdayakan pedagang offline untuk menawarkan perlindungan asuransi yang komprehensif dengan mudah, memanfaatkan platform digital yang canggih.
Selain itu, PasarPolis Mitra, diluncurkan pada tahun 2020, memberdayakan agen offline untuk menjual asuransi secara mulus dengan menggunakan platform Mitra.
Dengan langkah-langkah ini, PasarPolis mengatakan terus memimpin dalam lanskap asuransi, memperkuat posisinya sebagai perusahaan asuransi full-stack dengan kemampuan distribusi yang tak tertandingi.
Dengan menawarkan platform omnichannel, PasarPolis juga bertujuan untuk memberikan pelanggan, baik bisnis maupun individu, akses mudah ke produk asuransi, mulai dari pemilihan polis hingga penyelesaian klaim.
“Melalui penggunaan big data, pembelajaran mesin, dan kecerdasan buatan, kami berencana mengoptimalkan strategi omnichannel kami untuk menghadirkan produk asuransi yang disesuaikan,” kata Randing.
|Baca juga: PasarPolis Gandeng Shopee untuk Ekspansi ke Thailand dan Vietnam
Dia mengatakan perusahaan percaya hal itu akan memungkinkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dengan memfasilitasi dan mempercepat proses underwriting dan klaim sambil berinovasi produk yang memiliki relevansi tinggi bagi pelanggan dan juga disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
“Visi jangka panjang kami adalah menjadi perusahaan asuransi digital teratas di Asia Tenggara dengan membuat asuransi menjadi mudah, terjangkau, dan menyenangkan,” tambahnya.
Pasar Polis menggabungkan saluran online dan offline untuk menawarkan pengalaman pelanggan yang mulus dan terintegrasi.
Strategi omnichannel perusahaan memungkinkan untuk memaksimalkan distribusi produk melalui berbagai saluran, termasuk bisnis ke bisnis ke konsumen (B2B2C), dipimpin agensi, langsung ke konsumen (D2C), dan bisnis ke bisnis (B2B), yang membedakannya dari asuransi yang lebih tradisional. pendekatan penjualan dan pemasaran.
Pendekatan uniknya terhadap penjualan dan pemasaran asuransi juga telah menetapkan standar bagi perusahaan asuransi lain dan pemegang jabatan tradisional secara global.
Melalui kemitraan dengan lebih dari 40 mitra distribusi ekosistem digital, memanfaatkan platform Mitra dan aplikasi seluler Tap Insure, PasarPolis telah menerbitkan 500 juta polis asuransi pada tahun 2022 saja.
Memanfaatkan data dan umpan balik pelanggan untuk membuat produk kontekstual, PasarPolis bertujuan untuk terus mengembangkan portofolio produknya dengan perubahan kebutuhan pelanggan.
Di sisi klaim, PasarPolis berinovasi dengan antarmuka klaim terpadu yang memberikan pengalaman asuransi paling sederhana kepada pelanggan di seluruh saluran, di mana pelanggan dapat mengajukan klaim secara online melalui situs web dan aplikasi seluler PasarPolis.
Waktu penyelesaian keseluruhan untuk menyelesaikan klaim PasarPolis jauh lebih singkat karena platform otomasi internalnya.
Dengan teknologi yang ditingkatkan secara konsisten, PasarPolis bertujuan untuk menjadikan asuransi 10 kali lebih baik dan pengalaman yang lebih mulus bagi pelanggan.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News