Media Asuransi, JAKARTA – Dalam rangka mempertahankan hubungan baik, menggali potensi bisnis, serta menguatkan peran Indonesia Re sebagai Center of Knowledge yang berkontribusi bagi industri asuransi, Indonesia Re berkolaborasi dengan Gallagher Re menggelar Claim Forum 2023 di Surabaya pada 25 – 26 Mei 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh 28 perusahaan asuransi umum klien Indonesia Re (ceding company) sebagai peserta.
Direktur Teknik Operasi Indonesia Re Delil Khairat mengatakan, proses klaim merupakan aspek penting dalam dunia asuransi karena menjadi pembuktian dari solusi yang dijanjikan oleh perusahaan. Di lain sisi, produk asuransi yang bersifat intangible dan informasi yang dimiliki tertanggung lebih banyak dibandingkan penanggung, maka menjadi lebih rentan terhadap bentuk manipulasi atau fraud.
“Untuk itu, kami mengadakan Claim Forum 2023 ini guna meningkatkan kesadaran semua pihak seperti apa proses klaim yang baik dan benar, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh nasabah dan mencegah terjadinya fraud. Kami berharap Claim Forum tahun ini menjadi langkah awal komitmen industri asuransi nasional untuk mengimplementasikan strategi bersama dalam memerangi fraud,” ungkap Delil Khairat dalam keterangan resmi, Minggu, 28 Mei 2023.
|Baca juga: Antisipasi Hardening Market Berlanjut, Indonesia Re Siapkan Mitigasi Risiko
Pembahasan dalam Claim Forum 2023 diantaranya adalah memberikan edukasi di industri asuransi umum guna mencegah terjadinya fraud claims (combating fraud), sharing session terkait contoh kasus fraud pada marine hull dan marine cargo, serta mendalami kasus – kasus kerugian yang pernah terjadi di bisnis asuransi oleh para claim analyst, surveyor, lost adjuster Indonesia Re.
“Indonesia Re sangat menjunjung tinggi prinsip prudent claim analysis, mematuhi regulasi yang berlaku, dan mengacu pada SOP yang sudah terstandar dan kelengkapan dokumen yang ketat. Hal ini telah menjadi komitmen Indonesia Re untuk memberikan yang terbaik. Kami harap, Claim Forum 2023 ini juga menjadi ajang bertukar informasi dan pengalaman terkait dengan klaim, dan meningkatkan hubungan kerja sama yang berkelanjutan dengan seluruh ceding company dan mitra kami,” ucap Delil.
Peserta Claim Forum 2023 saat melakukan survei ke GAPURA Shipyard, Surabaya 25-26 Mei 2023
Selain berdiskusi dalam Claim Forum 2023, peserta juga diajak melakukan survey ke PT Galangan Kapal madura (GAPURA Shipyard) sebagai salah satu galangan kapal terbesar dan berpengalaman dalam melakukan reparasi kapal-kapal di Indonesia. GAPURA Shipyard memiliki kapabilitas untuk berbagi pengalaman dalam menangani kerusakan kapal sebagai salah satu sumber terjadinya kerugian.
Seperti diketahui bahwa Indonesia Re yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai Perusahaan Reasuransi Nasional (PRN) mengelola risiko reasuransi dari mitra usahanya di bidang asuransi dengan menargetkan penguasaan pangsa pasar reasuransi domestik. Jenis reasuransi atau pertanggungan ulang yang disediakan oleh Indonesia Re meliputi Bisnis Reasuransi Jiwa dan Bisnis Reasuransi Umum.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News