1
1

ReyforBusiness, Solusi Kesejahteraan Karyawan Startup dan UMKM

Seorang karyawan menunjukkan tampilan ReyforBusiness di layar laptop, foto diambil beberapa waktu lalu. | Foto: Doc

Media Asuransi, JAKARTA – Rey, insurtech kesehatan yang menghadirkan ReyforBusiness (RFB) pada penghujung tahun 2022 lalu masih terus berkomitmen untuk membantu para pelaku startup dan UMKM menyediakan manfaat kesehatan bagi karyawannya. Hingga saat ini RFB sudah dimanfaatkan oleh lebih dari 3.000 member dari lebih dari 20 perusahaan.

Penerimaan yang baik dari para pelaku bisnis membuat Rey optimistis dapat menjangkau lebih dari 100 perusahaan Start-up dan UMKM hingga akhir tahun 2023. Head of Business Rey, Apriza Gilang Perdana, mengatakan bahwa inovasi ReyforBusiness dilatarbelakangi oleh keinginan Rey menjawab kebutuhan pelaku bisnis startup dan UMKM yang ingin menyediakan proteksi kesehatan bagi karyawan.

“RFB merupakan solusi penyediaan manfaat kesehatan yang bersifat holistik, lebih dari sekadar proteksi kesehatan karyawan karena sudah terintegrasi dengan berbagai manfaat kesehatan dalam satu aplikasi Rey yang dapat diakses kapan dan di mana saja. Dengan RFB, para pebisnis dapat menyediakan asuransi kesehatan sehingga karyawannya berkesempatan mencapai kesejahteraan karena finansial keluarga sudah terlindungi dari risiko menanggung biaya medis yang tinggi dan berkesempatan menjalani hidup yang lebih baik dari manfaat wellness yang tersedia pada berbagai fitur dalam RFB,” kata Gilang dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat, 2 Juni 2023.

Manfaat ReyforBusiness ini telah dirasakan oleh Koperasi Telkomsel (KISEL) yang menyediakan manfaat kesehatan holistik Rey ini untuk lebih dari 1.900 karyawannya. Manager Employee KISEL, Indri Agustina, mengatakan bahwa SDM adalah investasi untuk membesarkan perusahaan sehingga kebutuhan kesehatan perlu diperhatikan. “Manfaat rawat inap dan rawat jalan sesuai dengan yang dijanjikan dan sudah terintegrasi dengan berbagai fitur kesehatan yang karyawan  butuhkan. Pelayanannya juga cepat sehingga kami menilai sepadan dengan biaya premi yang harus kami siapkan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Finku, startup fintech penyedia aplikasi personal finance yang memanfaatkan ReyforBusiness untuk 31 karyawannya. CEO & CoFounder Finku, Reinaldo Tendean, mengatakan bahwa setiap harinya Finku harus mengelola 20 juta lebih transaksi masyarakat dari 600 ribu pengguna. Operasional yang sangat sibuk membuat Finku sangat terbantu dengan adanya RFB.

|Baca juga: Insurtech Rey Kolaborasi dengan Samsung Hadirkan ReyFit

“RFB membantu kami lebih efektif dan efisien sehingga premi yang harus kami bayar pun tidak terasa berat. Manfaat asuransi kesehatan sudah terintegrasi dengan layanan kesehatan dalam satu aplikasi yang mudah digunakan oleh karyawan dan keluarganya secara personal sehingga human resources dapat berfokus pada hal lainnya,” tutur Renaldo.

Berdasar survei The Employee Health Benefit Paradox yang dilakukan Rey pada periode Januari-Februari 2023 pada 200 karyawan dari 7 perusahaan startup di Indonesia, mayoritas karyawan membutuhkan lebih dari sekadar asuransi kesehatan untuk rawat inap. Para responden berharap ada manfaat kesehatan lain yang disediakan oleh perusahaan agar mereka dapat merasa nyaman bekerja dan berkesempatan meningkatkan kesejahteraan.

Kebutuhan lainnya adalah mengamankan finansial dari kemungkinan plafon tunjangan kesehatan bisa habis sebelum waktunya hingga harus menanggung biaya pengobatan sendiri dan khawatir jika pengajuan klaim reimbursement ditolak. Manfaat kesehatan yang menjadi harapan para karyawan antara lain manfaat rawat jalan, pemeriksaan gigi, kacamata, dan MCU.

Manfaat kesehatan yang disediakan di RFB antara lain, karyawan dapat melakukan pemeriksaan gejala kesehatan mandiri melalui telekonsultasi dengan dokter kapan saja secara gratis dan online hingga memesan obat tanpa perlu mengeluarkan uang tambahan.  Terdapat fitur ReyCare yang akan membantu karyawan jika akan berobat dapat mengakses jadwal pengobatan dan penjaminan pertanggungan perawatan tanpa harus mengantri di fasilitas kesehatan. Bahkan Rey menanggung kondisi riwayat penyakit yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition).

Tersedia kartu cashless, ReyCard sebagai alat bayar saat melakukan pengobatan di lebih dari 10.000 fasilitas kesehatan Indonesia yang menyediakan mesin EDC perbankan. Klaim reimbursement rawat jalan pun sudah dapat diproses maksimal dalam 1 jam. Kelebihan lainnya adalah disediakan fitur ReyFit yang akan memotivasi karyawan untuk hidup sehat dan mengevaluasi pencapaian target sehat mereka.

Pada pertengahan tahun 2023 ini, Rey melakukan inovasi pada RFB dengan meluncurkan dashboard yang dapat digunakan secara real time oleh HR dan pemilik bisnis untuk mengatur kesehatan karyawan tanpa perlu dokumen (hard copy) karena dilakukan secara digital dan tidak memerlukan tenaga manusia untuk memproses secara manual. Dengan dashboard ini, HR dapat mengorganisir data karyawan, informasi status klaim asuransi hingga memantau kebugaran karyawan melalui fitur ReyFit.

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post FIFGROUP Gandeng OJK Dorong Literasi & Inklusi Keuangan Melalui Pelatihan Guru
Next Post Aliansi Asuransi Net-Zero Kembali Ditinggalkan Anggotanya

Member Login

or