PT Bank CIMB Niaga Tbk merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia. Banyak prestasi telah diraih oleh CIMB Niaga, bahkan baru-baru ini baru saja meraih penghargaan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) sebagai Acara Tukar Poin Reward Terbanyak di Indonesia melalui programnya yang bernama XTRA XPO.
Tentu kesuksesan-kesuksesan yang diraih oleh perusahaan juga tak luput dari optimisme dan usaha keras para pemimpin dan karyawan. Salah satunya adalah Noviady Wahyudi sebagai Direktur Consumer Banking CIMB Niaga.
Pria yang kerap kali disapa Dede ini mengawali kariernya sebagai Management Trainee di Citibank. Dia bekerja di sana selama lima tahun lamanya setelah ia berhasil menempuh studi S2 di National University of Singapore dengan program studi Finance and Strategy tahun 1999-2001.
Selain menempuh pendidikan formal, Dede juga mengenyam pendidikan non-formal di INSEAD dengan mengambil fokus bidang Executive Education –Leadership Program pada 2014-2015.
Saat berada di Citibank, Dede sempat menjabat posisi sebagai Sales and Distribution Planning Head tahun 2001-2005. Kemudian ia juga pernah menjabat sebagai Senior Partner and Director di I-Lead Indonesa selama rentang waktu kurang lebih enam tahun.
Hingga pada akhirnya, ia melanjutkan karier di CIMB Niaga tahun 2011 dengan mengambil posisi awal sebagai Head of Service Quality and Network Development sampai 2014. “Saya sudah melakukan rotasi setiap dua, tiga tahun. Jadi saya sudah pernah di network developement, customer experience, di segment, di produk, jadi analytics, sudah lengkap ya,” ujar Dede saat diwawancara oleh Media Asuransi beberapa waktu lalu.
Singkatnya, setelah melewati perjalanan karier yang panjang, pada 2022, pria lulusan S1 Universitas Indonesia jurusan Marketing tersebut mendapat kesempatan untuk menempati posisi sebagai Direktur Consumer Banking CIMB Niaga.
Memiliki zodiak Scorpio yang dikenal sebagai pekerja keras, sifat tersebut sangat melekat pada karakter Dede yang juga seorang hard worker yang memiliki banyak inovasi dan kreatifitas dalam mengembangkan perusahaan yang saat ini menjadi tanggung jawabnya.
“Saya pikir banyak produk yang kita (CIMB Niaga) punya sebenarnya butuh penajaman saja, contohnya produk Xtra Manfaat, itu salah satu inovasi yang bagus, memberikan kemudahan bagi nasabah bisa menurunkan pinjaman atau menurunkan tenor pinjamannya,” ujar Dede.
Selama berkarier di CIMB Niaga, banyak pencapaian yang menurut Dede sangat memberikan kesan tersendiri padanya. Dia ceritakan salah satunya ketika CIMB Niaga mendapat tiga penghargaan sekaligus dari Asian Banking and Finance Corporate & Investment Banking Awards 2022.
“Kita membantu banyak sekali nasabah yang mengalami dampak dari Covid-19, sehingga bisa mendapatkan stimulus Covid-19. Secara perusahaan kita juga berhasil tumbuh dengan baik setelah pandemi itu. Kita langsung take off, dan tahun lalu kita mampu mendapat laba tertinggi untuk consumer banking sepanjang sejarah dengan kenaikan sekitar 50 persen,” katanya.
Pencapaian tersebut erlanjut, hal ini tercermin dari kinerja consumer banking yang tumbuh 9,4 persen year on year (yoy) pada kuartal I/2023. Noviadi mengatakan, CIMB Niaga akan terus mengoptimalkan kanal digitalnya untuk memberikan kemudahan pada nasabah dalam mengajukan berbagai produk yang perusahaan miliki.
“Di antaranya melalui online form untuk pengajuan KPR, kartu kredit, serta personal loan secara mandiri,” ujarnya. Dia optimistis ke depan bisnis consumer banking dan segmen lainnya akan terus tumbuh positif, sejalan dengan perekonomian yang kian membaik.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News