Media Asuransi, JAKARTA – Survei Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Bank Indonesia pada Juli 2023 menunjukkan rata-rata proporsi pendapatan konsumen untuk konsumsi (average propensity to consume ratio), proporsi pembayaran cicilan/utang (debt to income ratio), dan proporsi pendapatan konsumen yang disimpan (saving to income ratio) tercatat relatif stabil dibandingkan dengan proporsi pada bulan sebelumnya, yaitu sebesar 75,5%, 9,1 %, dan 15,4%.
Berdasarkan kelompok pengeluaran, rata-rata porsi konsumsi terhadap pendapatan terpantau menurun pada hampir seluruh kategori pengeluaran, kecuali pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp1 juta–Rp2 juta.
Sementara itu, porsi tabungan terhadap pendapatan pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp2,1 juta–Rp3 juta dan Rp4,1 juta–Rp5 juta per bulan terindikasi meningkat.
|Baca juga: Meski Turun, Optimisme Konsumen pada Juli 2023 Tetap Kuat
Sebelumnya, Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juli 2023 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. Hal ini tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2023 yang terjaga dalam zona optimistis (>100) pada level 123,5.
Survei Konsumen Juli 2023 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap kuat. Hal tersebut terindikasi dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2023 sebesar 123,5, yang tetap terjaga pada level optimis (indeks >100), meskipun lebih rendah dibandingkan 127,1 pada bulan sebelumnya.
Tetap kuatnya keyakinan konsumen pada Juli 2023 didorong oleh tetap optimisnya keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap ekonomi ke depan meskipun keduanya lebih rendah dibandingkan Juni 2023. Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Juli 2023 tercatat masing-masing sebesar 113,8 dan 133,2, lebih rendah dari 116,8 dan 137,5 pada bulan sebelumnya.
Pada Juli 2023, keyakinan konsumen terpantau tetap optimis pada seluruh kategori pengeluaran dengan optimisme tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran >Rp 5 juta. Berdasarkan usia, keyakinan konsumen pada Juli 2023 juga terpantau optimis pada seluruh kategori usia responden.
Secara spasial, sebagian besar kota mencatat penurunan IKK, terdalam di Palembang (-15,7 poin), diikuti Semarang (-8,5 poin) dan Medan (-8,3 poin). Sementara itu, beberapa kota lainnya mencatat peningkatan IKK, tertinggi di Mataram (8,7 poin), diikuti Padang (7,6 poin) dan Pontianak (4,1 poin).
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News