1
1

Astra Telah Selesaikan Akuisisi OLX Classifieds

PT Astra International Tbk (Astra) melalui anak usahanya telah menyelesaikan akusisi PT Tokobagus, perusahaan iklan baris digital dengan merek OLX. | Foto: doc

Media Asuransi, JAKARTA – PT Astra International Tbk (Astra) melalui anak usahanya telah menyelesaikan akusisi PT Tokobagus, perusahaan iklan baris digital dengan merek OLX. Dengan akuisisi ini Astra memiliki 100% saham OLX Classifieds melalui PT Astra Digital Mobil sebesar 99,98% dan PT Astra Digital Internasional sebesar 0,02%.

Sebagai pionir platform iklan baris digital di Indonesia, OLX memiliki basis pengguna yang luas dan ekuitas merek yang kuat, menjadikannya pilihan utama konsumen di Indonesia. Akuisisi ini diharapkan akan melengkapi ekosistem digital Grup Astra yang sudah ada dengan platform iklan baris digital dan mendorong inovasi, memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

Hasil kajian Google, Temasek, Bain & Company (2022) menunjukkan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia tahun 2022 tercatat yang tertinggi di Asia Tenggara mencapai US$77 miliar, dan diperkirakan mampu mencapai US$130 miliar pada 2025. Selain itu, 40% pangsa pasar ekonomi digital Asia Tenggara berada di Indonesia.

|Baca juga: Astra Tambah Investasi di Halodoc

“Mengakselerasi transformasi digital merupakan salah satu langkah yang ditempuh Astra untuk menjadi perusahaan yang berkelanjutan. Akusisi ini diharapkan mampu memperkuat ekosistem digital Grup Astra, menawarkan solusi menyeluruh bagi pelanggan serta semakin mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia,” ujar Direktur Astra, Gidion Hasan, dalam keterangan resmi, Jumat, 11 Agustus 2023.

Chief Executive Officer OLX Grup, Lydia Ventura Paterson, menambahkan bahwa pihaknya senang telah mencapai kesepakatan untuk menjual platform iklan baris digital OLX di Indonesia kepada Astra.

“Kami telah berhasil membangun platform iklan baris digital OLX menjadi salah satu platform terkemuka di Indonesia. Kami percaya bahwa kehadiran Astra yang kuat dan pemahaman yang mendalam tentang pasar Indonesia menjadikan Astra sangat cocok untuk mengelola dan meningkatkan pengalaman pengguna serta mendorong pertumbuhan bisnis OLX. Kami yakin platform iklan baris digital OLX berada di tangan yang tepat, dan Astra akan membawa iklan baris digital OLX ke tingkat lebih tinggi,” ujar Lydia.

Selain itu, sebagai bagian dari Grup Astra, OLX akan mulai dengan identitas baru dan hadir sebagai Trade-In Partner di GIIAS 2023 dengan berkolaborasi bersama Astra Financial. Sejalan dengan inisiatif pengembangan strategi bisnisnya, Grup Astra berkomitmen untuk memberikan transisi yang mulus dan memastikan kelangsungan layanan bagi pengguna platform iklan baris digital OLX. Sinergi antara bisnis iklan baris digital OLX dan ekosistem digital Grup Astra siap mengantarkan era baru yang dapat memberikan seamless experience, inovasi, dan memenuhi kebutuhan serta harapan pelanggan.

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post CIMB Niaga Hadirkan Travel Experience-XTRA Savers Valas di Bali
Next Post Lloyds Perketat Perlindungan Asuransi di Taiwan

Member Login

or