Media Asuransi, GLOBAL – AIA Group Limited, mencatatkan perolehan positif untuk hasil keuangan grup dalam semester I/2023. Nilai bisnis baru (VONB) tumbuh sebesar 37 persen menjadi US$2.029 juta.
Premi baru yang disetahunkan (ANP) meningkat sebesar 49 persen menjadi US$3.984 juta.
Seluruh segmen yang dilaporkan dan seluruh saluran distribusi menghasilkan pertumbuhan VONB yang positif.
Nilai tertanam (EV) laba operasional sebesar US$4.423 juta, naik 20 persen per saham. Pengembalian operasional atas EV (ROEV) sebesar 13,3 persen, naik dari 9,4 persen pada tahun penuh 2022.
Underlying free surplus generation (UFSG) sebesar US$3.288 juta, naik 10 persen per saham. Laba operasional setelah pajak (OPAT) sebesar US$3,272 juta, naik 4 persen per saham.
Ekuitas EV sebesar US$70,6 miliar setelah mengembalikan dividen dan pembelian kembali saham sebesar US$3,6 miliar. Surplus bebas sebesar US$16,3 miliar pada 30 Juni 2023. Rasio cakupan LCSM Grup yang sangat kuat sebesar 260 persen berdasarkan PCR.
|Baca juga: Membaik, Kondisi Kesehatan Peserta Program AIA Vitality
Dividen interim sebesar 42,29 sen Hong Kong per saham, naik 5 persen.
US$2,0 miliar dikembalikan kepada pemegang saham melalui program pembelian kembali saham pada paruh pertama tahun 2023.
Group Chief Executive dan Presiden AIA, Lee Yuan Siong, mengatakan bahwa AIA telah memberikan hasil bisnis baru yang luar biasa dengan peningkatan VONB sebesar 37 persen menjadi lebih dari US$2 miliar pada paruh pertama tahun 2023. Perseroan juga melaporkan pertumbuhan dalam metrik keuangan utama kami lainnya, yaitu OPAT, laba operasional EV, UFSG, dan Ekuitas EV.
“Kami telah melihat bisnis kami kembali ke pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan pada paruh pertama tahun 2023 dan semua segmen yang dilaporkan serta semua saluran distribusi menghasilkan VONB yang lebih tinggi. Dengan disrupsi pandemi yang telah berlalu, kekuatan platform distribusi AIA yang tak tertandingi di seluruh Asia telah mendorong kembalinya momentum bisnis baru yang sangat kuat, termasuk pertumbuhan VONB dua digit dari AIA China, gabungan bisnis kami di ASEAN, dan Tata AIA Life, perusahaan patungan kami di India. AIA Hong Kong meningkatkan VONB lebih dari dua kali lipat dibandingkan paruh pertama tahun 2022, didorong oleh bisnis yang besar dari pengunjung China Daratan (MCV),” kata Siong.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News