Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) meresmikan pembukaan model terbaru kantor cabang masa depan yaitu Digital Branch di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Kantor cabang dengan konsep hybrid yang memadukan antara Cabang Konvensional dan Digital Lounge ini, menawarkan pengalaman perbankan yang lengkap dan serba digital dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga untuk nasabah #YangUtama.
Melalui Digital Branch, nasabah dapat memanfaatkan beragam fasilitas perbankan terkini yang sebelumnya ada di digital lounge seperti mesin self service banking, video banking, perangkat tablet, OCTO vending machine, dan beragam fasilitas digital lainnya didukung oleh seorang digital service officer. Layanan digital tersebut menjadi nilai tambah yang semakin melengkapi layanan dan fasilitas utama kantor cabang konvensional seperti customer service, teller, serta CIMB Preferred Lounge dan safety deposit box di beberapa kantor cabang.

Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan (ketiga kanan) bersama Chief of Network & Digital Banking CIMB, Niaga Budiman Tanjung (kanan), Head of Region Jakarta B CIMB Niaga, Adeline Hendarto (kiri) usai menyaksikan proses pembukaan rekening tabungan oleh nasabah menggunakan Self Service Tablet di sela peresmian Digital Branch CIMB Niaga di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, 25 Agustus 2023. | Foto: doc
Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan, menyatakan perseroan senantiasa memahami perubahan gaya hidup nasabah dalam bertransaksi perbankan di era digital yang menginginkan layanan cepat dan praktis, tanpa meninggalkan layanan personal yang ramah. Karena itu, CIMB Niaga menghadirkan inovasi baru kantor cabang yaitu digital branch yang menjadi tonggak baru transformasi layanan kantor cabang di CIMB Niaga.
|Baca juga: CIMB Niaga Gelar Konser Kejar Mimpi untuk Indonesia, Tampilkan Kolaborasi Spesial Musisi Lintas Generasi
“Kehadiran digital branch pertama di PIK merupakan wujud komitmen kami untuk terus memberikan layanan perbankan terbaik kepada nasabah dan masyarakat Indonesia menjelang Perayaan Ulang Tahun CIMB Niaga ke-68 pada September mendatang. Dengan layanan hybrid, nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan sesuai dengan preferensi masing-masing, baik secara self service berbasis digital maupun dengan layanan personal dari digital service officer dan staf CIMB Niaga,” kata Lani pada peresmian digital branch di PIK, Jakarta, Jumat, 25 Agustus 2023.
Hadir dalam peresmian tersebut antara lain Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga, Budiman Tanjung, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Noviady Wahyudi, manajemen, nasabah, dan staf CIMB Niaga.
Dibukanya Digital Branch tersebut semakin melengkapi layanan yang telah ada sebelumnya yaitu Kantor Cabang dan Digital Lounge. Per 30 Juni 2023, jaringan CIMB Niaga secara nasional didukung 412 kantor cabang dan jaringan (termasuk 36 Digital Lounge), 3.996 ATM (termasuk cash remittance machine and multidenom deposit machine), dan 453.483 electronic data capture (EDC & QR).
Selain menerapkan konsep hybrid, digital branch juga mengusung konsep sustainability dengan meminimalkan pemakaian kertas dan mengutamakan penggunaan furniture dari pengrajin UKM lokal. Hal ini sejalan dengan kebijakan green office policy yang merupakan bagian dari komitmen CIMB Niaga terhadap implementasi sustainable development goals (SDGs) dalam kegiatan operasional.
Implementasi konsep sustainability tersebut misalnya dapat dirasakan calon nasabah dan nasabah dalam berbagai layanan perbankan di digital branch. Di antaranya saat membuka rekening tabungan menggunakan mesin self service banking. Calon nasabah tidak perlu mengisi formulir tercetak, melainkan cukup dengan menggunakan KTP elektronik dan mengisi formulir digital yang tersedia, maka dalam waktu kurang dari 5 menit pembukaan rekening tabungan berhasil.
Selain itu, dengan fasilitas video banking yang dapat diakses termasuk di luar jam operasional kantor cabang, nasabah juga bisa melakukan beragam transaksi finansial dan non-financial, mengakses informasi produk dan layanan, dan menyampaikan keluhan dipandu langsung oleh seorang banking officer secara live melalui layar sentuh tanpa harus mengisi formulir berbasis kertas. Demikian juga pengajuan berbagam produk dan layanan CIMB Niaga lainnya bisa dilakukan secara digital dan mandiri, sehingga lebih praktis dan ramah lingkungan.
“Setelah PIK, kami akan terus mengembangkan digital branch di kawasan lain sebagai solusi untuk mendukung beragam kebutuhan perbankan masyarakat di era yang telah berubah saat ini. Ke depan, kami berharap peningkatan layanan kantor cabang yang dilakukan secara bertahap ini dapat dinikmati nasabah CIMB Niaga di berbagai kota di Indonesia,” ujar Lani.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News