1
1

Perkembangan Pasar Insurtech, Tidak Membuat Semua Dapat Beruntung

Ilustrasi. | Foto: Freepik

Media Asuransi, GLOBAL – Meski persaingan semakin ketat pada Pasar Insurtech yang semakin berkembang, CO Descartes Underwriting, Tanguy Touffut memandang bahwa  di masa depan akan banyak kolaborasi yang tercipta.

Dilansir dari laman Intelligent Insurer, Touffut membahas berbagai topik, termasuk daya tarik dan potensi asuransi parametrik di pasar saat ini. “Pasar menjadi lebih matang dan sehat bagi insurtech, tetapi pada akhirnya akan ada pemenang, ada yang bertahan dan ada yang hilang. Kuncinya adalah pelanggan, yang akan memainkan peran penting dalam menentukan masa depan industri kita,” katanya.

Touffut menambahkan, nantinya yang menjadi pemenang adalah mereka yang mampu menghadirkan teknologi baru, inovasi baru, dan pandangan berbeda tentang cara melayani klien dan broker, sambil memastikan bahwa pembawa risiko pada akhirnya akan mendapat untung.

|Baca juga: Pasar Insurtech Global Diperkirakan Bersiap Catatkan Pertumbuhan Eksponensial

Menurut Touffut, kemampuan untuk menciptakan situasi ‘win-win’ bagi perusahaan asuransi, broker dan tertanggung inilah yang membuat parametrik lebih menarik di pasar saat ini.

“Secara parametrik, tujuan kami adalah meningkatkan perekonomian, mengurangi rasio pengeluaran dan biaya penyesuaian kerugian sangatlah penting. Kita juga perlu membuat kontrak asuransi lebih transparan,” lanjutnya.

Menurutnya asuransi parametrik adalah solusi yang bagus untuk menghadirkan kapasitas baru di pasar yang berada di bawah tekanan besar, seperti gangguan bisnis dan dunia maya. Touffut menekankan bahwa dengan meningkatnya pengecualian dan formulasi yang rumit dalam menghadapi meningkatnya paparan, terdapat kebutuhan mendesak akan solusi dan teknologi inovatif yang memenuhi harapan seluruh ekosistem, tidak hanya perusahaan asuransi.

“Pasar sedang sulit. Sangat brutal menangani lebih banyak pengecualian, pengurangan yang lebih tinggi, batas yang lebih rendah, dan tarif yang lebih tinggi,” jelasnya. Ke depan, dia memperkirakan akan terjadi lonjakan peluncuran produk baru, yang menunjukkan bahwa Descartes bersiap untuk meluncurkan penawaran di luar penawaran yang berfokus pada cuaca pada tahun depan.

Di bidang pertumbuhan, Descartes telah memetakan strategi agresif. Yang menduduki peringkat teratas adalah upayanya memasuki pasar asuransi siber. Kedua adalah menciptakan tim terbesar yang didedikasikan untuk pemodelan bencana alam.

Perusahaan ini sedang mempertimbangkan perluasan tenaga kerja yang signifikan, dengan rencana untuk membuka lebih banyak kantor di AS, memperluas kehadirannya di Jepang, Singapura, Sydney, dan lokasi di Eropa dan AS. 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Prospek Peringkat Swiss Re Direvisi Jadi Stabil
Next Post BCG: Meski Memberikan Keuntungan yang Mengesankan, Masa Depan Industri Reasuransi Belum Pasti

Member Login

or