Media Asuransi, JAKARTA – Transformasi digital yang dilakukan PLN, menjadi titik perubahan besar pada proses bisnis hingga ke layanan PLN yang semakin memudahkan masyarakat. PLN bertransformasi menjadi perusahaan yang mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman dan disrupsi teknologi melalui digitalisasi.
Apalagi, sebagai perusahaan dengan jumlah pelanggan lebih dari 85 juta tersebut, PLN dituntut dapat menjawab kebutuhan pelanggan yang serba cepat. “Selama 3,5 tahun terakhir PLN bertransformasi dalam meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik,” kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dikutip dari keterangan resminya, Senin 2 Oktober 2023.
|Baca juga: Genjot Transisi Energi, PLN Jajaki Dukungan Pembiayaan Hijau dari Export Finance Australia
Da akui bahwa dulu proses bisnis PLN sangat kompleks, berbelit, terfragmentasi dan semua dilakukan secara manual. “Sistem lama ini membuat seluruh proses bisnis lambat, tak tercatat dengan baik dan tak terukur. Maka dari itu, kami respons dengan melakukan transformasi dengan basis digitalisasi,” ujarnya.
Salah satu hasil dari transformasi ini adalah lahirnya aplikasi New PLN Mobile. Dulu, aplikasi PLN Mobile, di-install hanya oleh 500 ribu pengguna dengan ratingnya yang sangat rendah, hanya mendapatkan rating sebanyak 2,5 dari skala 5.
Kini, dengan transformasi digital yang dilakukan, hanya dalam waktu singkat PLN Mobile telah di- download oleh hampir 44 juta pengguna dan rating yang mencapai 4,8 dari skala 5. Hal ini menjadi bukti nyata transformasi yang dilakukan PLN telah menjelma menjadi salah satu perusahaan pelayanan publik terbaik di Asia, bahkan dunia.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News