Media Asuransi, GLOBAL – Departemen Asuransi California telah mengumumkan bahwa mereka telah mencapai dua perjanjian penyelesaian dengan Go Maps dan penjamin asuransinya, Topa Insurance, menyusul penyelidikan atas berbagai keluhan mengenai kesalahan penanganan klaim konsumen terhadap lebih dari dua lusin pengemudi.
Dilansir laman Business Insurance, sesuai ketentuan perjanjian, Go Maps telah setuju untuk menyerahkan lisensi asuransinya, membayar denda sebesar US$150.000, mengganti biaya sebesar US$50.000, dan memberikan semua informasi yang diperlukan kepada departemen untuk memastikan kepatuhan terhadap persyaratan undang-undang mengenai pemegang polis yang ada.
|Baca juga: Lonjakan Klaim Ransomware Meningkat pada Industri Asuransi Siber
Topa, di sisi lain, menerima denda sebesar US$2.108.000 dan berkomitmen untuk mempertahankan akses permanen ke semua kebijakan yang ditangani oleh agen umum di masa depan, menyatakan lisensi yang sesuai untuk semua agen umum dan entitas terkait, dan menahan diri dari mencari uang dari konsumen yang mungkin telah melakukan hal tersebut. Mereka dikenakan biaya rendah karena kesalahan pemeringkatan pada program Go Maps/Topa.
Pelanggaran Go Maps dan Topa
Go Maps, yang berfungsi sebagai insurtech, memanfaatkan platform pemasaran berbasis aplikasi untuk menjalankan bisnis asuransinya untuk Topa. Sangat penting bagi perusahaan insurtech dan perusahaan asuransi yang menggunakannya untuk memasarkan dan mengelola produk mereka untuk mematuhi undang-undang perlindungan konsumen California, mempertahankan individu yang berlisensi dan berpengetahuan untuk memastikan transaksi asuransi yang tepat di negara bagian tersebut.
Pada tahun 2019, Go Maps bermitra dengan Topa untuk menangani semua fungsi yang diperlukan untuk penjualan, layanan, pengelolaan, dan penanganan klaim polis mobil penumpang pribadi Topa yang dijual ke publik melalui aplikasi Go Maps. Pada puncaknya, program Go Maps/Topa memiliki lebih dari 10.000 pelanggan di California, yang merupakan mayoritas dari sekitar 12.000 kebijakan di seluruh negeri.
Pada bulan Juni 2022, Departemen Asuransi California mengambil tindakan melawan Go Maps dan Topa untuk melindungi masyarakat dari kerugian lebih lanjut akibat pelanggaran berulang terhadap berbagai undang-undang perlindungan konsumen terkait klaim asuransi.
|Baca juga: Semakin Dramatis, Sam Bankman-Fried Harus Berurusan dengan Perusahaan Asuransi AS
Kegagalan Go Maps dan Topa dalam mematuhi peraturan perlindungan konsumen California memberikan beban keuangan pada pengemudi, memaksa mereka untuk menanggung biaya sewa mobil dan biaya lainnya sementara klaim asuransi mereka tertunda. Di antara berbagai pelanggaran, Go Maps dan/atau Topa:
– Lalai membayar klaim dalam waktu 30 hari setelah penentuan pertanggungan atau penyelesaian.
– Gagal menerima klaim, memberikan formulir atau instruksi yang diperlukan, atau memulai penyelidikan dalam batas waktu 15 hari menurut undang-undang, melebihi batas waktu 15 hari yang diwajibkan hukum dengan rata-rata lebih dari delapan hari.
– Tidak menanggapi pertanyaan konsumen tentang klaim mereka dalam waktu 15 hari, melebihi persyaratan hukum 15 hari dengan rata-rata lebih dari 11 hari.
– Tidak menyetujui atau menolak klaim dalam waktu 40 hari, melebihi batas waktu hukum 40 hari dengan rata-rata lebih dari 25 hari.
– Mempekerjakan perusahaan penyesuaian asuransi yang tidak berlisensi untuk penyesuaian klaim.
“Penyelesaian ini mewakili kemenangan penting bagi konsumen California karena kami menjaga akuntabilitas semua perusahaan dan memastikan bahwa mereka mematuhi undang-undang perlindungan konsumen kami yang kuat,” kata Komisaris Asuransi, Ricardo Lara.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News