Media Asuransi, JAKARTA – Indonesia Marketing Association (IMA) menyelenggarakan IMA UMKM Award, sebuah program pengembangan ekosistem pembinaan dan pemasaran UMKM di bawah binaan IMA. Finalis terbaik IMA UMKM Award akan bersaing di Jakarta pada 14 Oktober 2023. IMA sebagai organisasi yang fokus pada aktivitas pengembangan pemasaran sebagai profesi, menyelenggarakan IMA UMKM Award untuk memajukan ekosistem pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia.
IMA UMKM Award mendapat antusiasme yang tinggi dari kalangan UMKM Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Sebanyak 477 UMKM dengan 58,5% dari golongan usaha UMKM Umum dan 41,5% dari golongan usaha UMKM Pariwisata mendaftarkan diri dalam rangkaian IMA UMKM Award.
President IMA Pusat, Suparno Djasmin, mengatakan bahwa melalui IMA UMKM Award, IMA berkomitmen untuk mendukung perkembangan sektor UMKM di Indonesia. IMA percaya bahwa dengan memberikan akses atas pelatihan yang terdepan, UMKM di Indonesia dapat meningkatkan daya saing bisnis mereka dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian nasional.
|Baca juga: OJK Menyelenggarakan Forum Edukasi dan Temu Bisnis Akses Keuangan Syariah untuk UMKM Santri
“IMA percaya bahwa dengan memberikan akses atas pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, UMKM di Indonesia dapat meningkatkan daya saing bisnis mereka di tengah tantangan pasar yang kompetitif,” kata Suparno dalam keterangan resmi, Rabu, 11 Oktober 2023.
Di tahap pertama, tim kurator mempertimbangkan kelengkapan dokumen serta hasil wawancara dengan menilai beberapa aspek, yaitu: potensi, motivasi, tujuan dan dampak usaha, model dan strategi bisnis yang dijalankan, serta segmen pasar sasaran.
Sebelum melaju ke tahap pemaparan bisnis, IMA terlebih dahulu memberikan persiapan kepada 287 UMKM yang berhasil melewati tahap seleksi pertama untuk melanjutkan tahap pelatihan dan workshop yang dimulai 8 Juli-26 Agustus 2023. Pelatihan ini merupakan upaya IMA untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM di Indonesia dengan menghadirkan pakar dari Alumni Certified Professional Marketer (CPM) dan pengurus IMA yang memiliki pengalaman luas di bidang itu.
Ada 50 UMKM tersaring pada pelatihan dan workshop ini berfokus pada bidang pemasaran bisnis dan keterkaitannya antara lain dengan Sustainable Development Goals (SDGs), kerja sama Indonesia Global Compact Network (IGCN), perempuan, dan kaum muda.
Ketua IMA UMKM Award 2023, Adang Adha, mengatakan pihaknya percaya bahwa UMKM Indonesia memiliki potensi besar untuk berkembang. “Oleh karena itu, IMA ingin memberikan dukungan maksimal kepada UMKM melalui IMA UMKM Award 2023. Kami berharap UMKM dapat memberikan yang terbaik pada final nanti dan menjadi contoh bagi UMKM lainnya untuk terus maju dan berkembang,” ucap Adang.
Wahyu Widiastuti
editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News