PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan Liquid Group bekerja sama dalam uji coba Quick Response (QR) untuk transaksi pembayaran lintas negara. Uji coba QRIS telah dilaksanakan pada 23 Mei dan 23 Juni 2019, menggunakan produk digital banking CIMB Niaga “Go Mobile” di sejumlah merchant yang berada di Terminal 3, Bandara Changi Singapura.
Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan di Jakarta, Rabu, 26 Juni 2019 mengatakan, Layanan ini sekaligus menjadi solusi karena tidak semua nasabah yang bepergian ke luar negeri memiliki kartu kredit atau membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Kami melihat layanan pembayaran melalui QRIS lintas negara memiliki potensi yang besar untuk terus dikembangkan seiring banyaknya masyarakat yang bepergian ke luar negeri.
Sementara itu, Chief Executive Officer Liquid Group Jeremy Tan mengungkapkan, kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan CIMB Niaga karena telah menggunakan platform pembayaran serta infrastruktur pemasaran terintegrasi Liquid Group di Bandara Changi Singapura dalam uji coba QRIS. Kami berharap dapat memperluas penerimaan aplikasi pembayaran QR dan dompet digital, baik yang berasal dari Singapura maupun Indonesia pada platform pembayaran lintas negara kami.
Layanan ini rencananya diluncurkan pada kuartal III tahun 2019, CIMB Niaga dan Liquid Group dapat memfasilitasi penerimaan pembayaran dari aplikasi Go Mobile atau aplikasi dompet digital (e-wallet) lainnya yang telah memenuhi persyaratan QRIS di Bandara Changi Singapura.
CIMB Niaga dan Liquid Group telah berhasil menyelesaikan proses Proof of Concept (POC) dengan diterimanya aplikasi Go Mobile dan aplikasi digital lain yang telah menggunakan standar QRIS di beberapa merchant milik Liquid Group di Bandara Changi Singapura. Dengan integrasi kode QRIS Bank Indonesia ke dalam alat pembayaran Liquid Group, para traveller dari Indonesia akan dapat menggunakan aplikasi pembayaran lokal pilihan mereka untuk melakukan pembelian dalam mata uang domestik (Rupiah) di Bandara Changi Singapura.
CIMB Niaga dan Liquid Group juga berencana membuka jalan bagi penerimaan pembayaran QR untuk koridor Singapura–Indonesia, sehingga memungkinkan pengunjung dari Singapura untuk dapat bertransaksi menggunakan aplikasi pembayaran dan dompet digital yang mereka miliki di sejumlah merchant rekanan CIMB Niaga di Indonesia. Ken
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News