Media Asuransi, GLOBAL – Otoritas Asuransi Hong Kong mengimbau masyarakat mengenai aktivitas penjualan palsu di berbagai media sosial, yang mengaku sebagai perantara Dah Sing Insurance Company (1976) Limited (DSI).
Otoritas Asuransi Hong Kong menjelaskan bahwa masalah ini telah di eskalasi ke Kepolisian Hong Kong untuk penyelidikan lebih lanjut.
Dilansir dari laman Business Insurance Mag, dalam kasus yang yang terjadi, penipu menghubungi korban melalui Facebook dan WhatsApp, membujuk mereka untuk membeli polis asuransi kendaraan.
Korban yang membayar premi menggunakan Faster Payment System (FPS) menerima surat pengantar yang kemudian diketahui palsu. Belakangan terungkap bahwa tidak ada permohonan polis yang diajukan ke DSI untuk kendaraan korban.
|Baca juga: Otoritas Asuransi Hong Kong Hentikan Sementara Seorang Agen Asuransi Akibat Penyalahgunaan Premi
Berdasarkan siaran persnya, DSI menghimbau siapapun yang telah berbagi informasi pribadi atau terlibat dalam transaksi asuransi dengan tersangka penipu, khususnya terkait polis DSI, untuk segera menghubungi hotline layanan pelanggannya di (852) 2808-5000.
Selain itu, insiden semacam itu harus dilaporkan ke Kepolisian Hong Kong. Masyarakat juga diimbau untuk berhati-hati dan memastikan premi asuransi dibayarkan langsung kepada perusahaan asuransi dengan menggunakan cara yang resmi.
Pembayaran yang dilakukan melalui agen asuransi perorangan, terutama dalam keadaan yang meragukan, harus dihindari. Apabila terdapat keraguan mengenai keabsahan pihak manapun yang terlibat dalam suatu transaksi asuransi, IA juga merekomendasikan untuk segera menghentikan transaksi tersebut.
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News