Media Asuransi, JAKARTA – PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) berhasil mencatatkan pertumbuhan 12 persen year on year (yoy) dengan total pendapatan premi sebesar Rp604,2 miliar pada kuartal III/2023. Di periode yang sama, perseroan berhasil mencatatkan laba setelah pajak sebesar Rp13,5 miliar. Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan tingkat solvabilitas sebesar 413,6 persen, di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator, yaitu 120 persen.
Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Sunadi, mengatakan bahwa ekonomi Indonesia yang bergerak positif, secara tidak langsung mendukung pertumbuhan premi asuransi umum secara keseluruhan.
“Oleh karena itu, kami optimis penjualan produk asuransi umum yang kami miliki bisa terus memberikan kontribusi dan mendorong kinerja perusahaan, untuk memberikan perlindungan lebih banyak lagi masyarakat Indonesia. Kami juga terus konsisten mengembangkan produk-produk inovatif yang dapat melindungi gaya hidup masyarakat saat ini,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat, 22 Desember 2023.
Dari sisi produk, sampai November 2023, Allianz Utama Indonesia mencatat pertumbuhan premi asuransi perjalanan lebih dari 10 persen dibanding tahun sebelumnya, atau memberikan kontribusi ke Gross Written Premium (GWP) sebesar 12 persen. Asuransi perjalanan sebagai salah satu produk dengan kontribusi besar terhadap premi perusahaan untuk tahun 2023.
|Baca juga: Allianz Utama Indonesia Berkolaborasi dengan Allianz Life Indonesia meluncurkan Inisiatif Tag On
“Hal ini sejalan dengan pariwisata internasional yang tumbuh sebesar 86 persen pada kuartal I/2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Maraknya konser musik band-band internasional, banyaknya pilihan paket-paket liburan yang affordable, serta keinginan untuk healing di kalangan masyarakat, semakin memengaruhi peningkatan ini,” jelasnya.
Pertumbuhan pendapatan premi ini juga dipengaruhi juga oleh beberapa momentum, salah satunya momentum libur Natal dan Tahun Baru. Saat ini, Allianz menghadirkan beberapa paket yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan calon nasabah melalui dua tipe asuransi perjalanan Allianz TravelPro, yaitu untuk single trip dan annual trip.
“Single trip merupakan perlindungan perjalanan pulang pergi untuk sekali perjalanan, yang manfaatnya dapat menjamin diri sendiri dan dua orang, baik bersama pasangan atau keluarga. Selain itu, annual trip bisa sebagai pilihan asuransi perjalanan yang dapat menjamin perjalanan multitrip dalam setahun dengan maksimum sekali perjalanan pulang pergi selama 90 hari. Allianz juga memastikan bahwa paket Allianz TravelPro dapat memenuhi kebutuhan persyaratan visa, misalnya persyaratan minimum jaminan medis EUR30,000 yang diterapkan oleh negara-negara Schengen,” ujarnya.
Lebih lanjut, untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah dan agen, Allianz Utama meluncurkan Claim Hub untuk asuransi perjalanan. Claim Hub berfungsi sebagai layanan yang memberikan proses klaim lebih cepat dan efektif untuk nasabah. Claim Hub membantu agen memonitor dan memandu nasabah dalam klaim. Sejak diluncurkan, para agen telah merasakan layanan yang lancar dan memudahkan proses klaim, khususnya untuk asuransi perjalanan.
“Beragam kebutuhan dan gaya hidup masyarakat dewasa ini menuntut perusahaan asuransi beradaptasi dalam mengembangkan bisnis dan layanan, tidak terkecuali Allianz Utama. Kami terus konsisten menggali potensi untuk mengembangkan rangkaian produk yang dapat memberikan perlindungan untuk gaya hidup masyarakat saat ini. Kami berharap dapat terus konsisten memberikan perlindungan yang komprehensif di tahun-tahun mendatang,” tutur Sunadi.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News