Media Asuransi, GLOBAL – Australian Financial Complaints Authority (AFCA) meminta Chubb untuk bertanggung jawab atas klaim kerusakan yang diakibatkan oleh air. Permintaan ini disampaikan setelah Chubb menolak untuk menerima klaim tersebut dengan asumsi bahwa kerusakan telah terjadi sebelum kebijakan terbaru diberlakukan.
Para pelapor menyatakan bahwa perusahaan mereka terkena dampak dengan kejadian masuknya air yang terjadi pada Januari 2021. Chubb tidak berkilah atas dampak yang terjadi pada perusahaan tersebut, namun tidak mengubah keputusan perusahaan untuk menolak klaim tersebut.
“Hal tersebut berasal dari masalah masuknya air yang sedang berlangsung, yang telah diketahui oleh para penggugat sebelum kebijakan ini diberlakukan pada bulan September 2020,” ujar Manajemen Chubb, dikutip dari laman Insurance News, Jumat, 20 Oktober 2023.
|Baca juga: Survei Chubb Ungkap Terjadi Pertumbuhan Pesat dalam Adopsi Asuransi Tertanam
Chubb mengatakan pemegang polis gagal mengatasi permasalahan yang menjadi penyebab klaim sebelumnya diterima dan dilindungi secara memadai. Dia juga mengatakan tidak ada ‘pemicu peristiwa’ atas kerugian yang disengketakan tersebut.
Meskipun ada penolakan klaim, Chubb setuju untuk berkontribusi pada biaya perbaikan, menawarkan AU$25.998 berdasarkan niat baik. Penggugat membantah keputusan perusahaan asuransi dan menetapkan biaya tambahan sebesar AU$30.031.
Menurut AFCA, penggugat telah berada di koridor yang benar, setelah melakukan upaya untuk perlindungan dan menetapkan kerugian yang sah berdasar ketentuan polis. “Kebijakan ini mencakup kerusakan yang terjadi selama masa polis dan tidak disengaja. Meskipun saya menerima penyebab langsung dari kerusakan ini sebelum masa polis, hal ini tidak berarti pihak pengadu belum mengajukan klaim,” kata AFCA.
Sebab, ketentuan asuransi tidak mensyaratkan terjadinya penyebab selama jangka waktu asuransi, hanya kerusakannya saja. AFCA mengatakan adalah adil bagi perusahaan asuransi untuk menilai dan menerima tanggung jawab atas barang-barang yang tercakup dalam polis, dan belum tunduk pada tawaran penyelesaian niat baik.
Beberapa biaya tambahan yang diminta oleh tertanggung adalah untuk barang-barang yang menurut mereka telah dirusak oleh kontraktor perusahaan asuransi. Namun AFCA tidak mewajibkan Chubb untuk menanggung barang-barang tersebut, dengan mengatakan hanya ada ‘sedikit informasi’ yang menunjukkan bahwa kontraktor merusak barang-barang tersebut dan bahwa kebijakan tersebut tidak mencakup kerusakan isi atau stok, yang kemungkinan besar termasuk dalam barang-barang tersebut.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News