1
1

Allianz Indonesia Buktikan Komitmennya Dukung Peningkatan Literasi bagi Masyarakat Indonesia

Raih Berbagai Prestasi untuk CSR & Keberlanjutan, Allianz Indonesia Buktikan Kontribusi & Dampak Sosial bagi Masyarakat Indonesia. | Foto: Allianz Indonesia

Media Asuransi, JAKARTA – Allianz Indonesia di bawah Allianz Group, terus mempertahankan kinerja dan tanggung jawab perusahaan untuk selalu berdampak secara sosial dan lingkungan. Allianz Group dikenal sebagai pemimpin aspek berkelanjutan berdasarkan penilaian 2023 Standard & Poor Global Corporate Sustainability Assessment dan ranking Dow Jones Sustainability Index 2023.

Melalui peran dan komitmen yang kuat dalam aspek keberlanjutan dan CSR, Allianz Indonesia telah mengimplementasikan berbagai inisiatif untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat.

Komitmen ini telah dibuktikan dengan diterimanya berbagai penghargaan oleh Allianz Indonesia untuk program CSR dan inisiatif keberlanjutan di tahun ini, seperti penghargaan CSR Program of The Year yang diterima dalam acara Sustainable Marketing Excellence 2024, The Best Execution Winner in Insurance Category & Outstanding Achievement in Sustainability & Governance.

|Baca juga: Tiga Entitas Allianz Indonesia Peroleh Sertifikasi ISO27001:2022

Selain itu, Allianz Indonesia juga telah menunjukkan komitmennya untuk terus mendukung peningkatan literasi keuangan dengan melakukan berbagai kegiatan literasi bagi masyarakat.

Komitmen ini telah mendapatkan apresiasi, salah satunya yang terbaru adalah penghargaan “Program Literasi Keuangan Terbaik” yang diberikan secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada acara Pencanangan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) baru-baru ini.

Pada acara ini, Allianz Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan asuransi yang menerima penghargaan untuk kategori tersebut. Penghargaan ini diberikan berdasarkan inisiatif berkelanjutan perusahaan yang selaras dengan arah pelaksanaan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang terliterasi dan mampu mencapai kesejahteraan keuangan yang berkelanjutan melalui pemanfaatan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai.

Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, Alexander Grenz, menyampaikan peran Allianz Indonesia yang secara aktif mengintegrasikan aspek berkelanjutan pada proses bisnis perusahaan demi mewujudkan dampak positif yang lebih besar secara sosial. Hal ini diwujudkan melalui upaya edukasi finansial ke seluruh masyarakat Indonesia, perluasan akses keuangan, dan prioritas perlindungan kepentingan konsumen di sektor jasa keuangan.

“Tiga hal ini saling berkaitan erat dan selalu kami upayakan dalam rangka penguatan perkembangan industri jasa keuangan, mengingat kesejahteraan masyarakat dalam hal finansial tidak hanya menjadi cita-cita besar pemerintah, namun juga seluruh pelaku industri keuangan yang saling berkolaborasi di dalamnya,” ucap Alexander dalam keterangan resmi, Rabu, 28 Agustus 2024.

|Baca juga: Garda Terdepan Layanan Kesehatan, Allianz Indonesia Beri Literasi Keuangan untuk Para Bidan

Terkait literasi keuangan secara khusus, Allianz Indonesia telah memberikan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang sejalan dengan arahan regulator, di bawah Yayasan Allianz Peduli (YAP). Melalui peran YAP, Allianz Indonesia secara rutin memaksimalkan proses literasi lewat pemanfaatan media digital maupun kegiatan edukatif yang menarik dan interaktif. Proses edukasi ini dilakukan secara online dan offline untuk memastikan kemudahan akses dengan kualitas yang maksimal.

Berkolaborasi dengan seluruh pihak, Allianz Indonesia juga mengajak setiap karyawan untuk berpartisipasi untuk mengajarkan literasi keuangan di setiap komunitas pembelajaran. Komunitas-komunitas tersebut tidak hanya mencakup anak-anak dan seluruh tingkatan pelajar, namun juga pada tingkatan profesional, disabilitas, dan pelaku UMKM. Hingga saat ini, program literasi finansial telah dilakukan kepada hampir 10 juta penerima manfaat dengan lebih dari 1.000 kegiatan online dan offline yang telah berjalan sejak 2022.

Allianz Indonesia juga mengaitkan proses edukasi keuangan yang lebih maksimal dengan proses pemberdayaan masyarakat yang berkaitan erat dengan tujuan untuk pembangunan kondisi ekonomi. Kedua hal ini memiliki andil yang sama dalam mencapai kesejahteraan masyarakat yang berdaya, dengan kondisi ekonomi yang lebih maju, kebutuhan masyarakat akan pemanfaatan layanan dan produk keuangan juga akan semakin meningkat.

Salah satu inisiatif pemberdayaan ekonomi masyarakat ini, misalnya disampaikan melalui program Empowered+, yang telah bertransformasi dari tahun ke tahun sejak 2016. Program ini mencakup aktivitas yang variatif, mulai dari literasi finansial, pelatihan manajemen bisnis, serta kompetisi bagi pelaku UMKM, perempuan, dan disabilitas di berbagai wilayah Indonesia. Program ini juga mencakup Organic Aquaculture untuk mengurangi tingkat pengangguran di Desa Greol Mojokerto, serta penyediaan platform pemasaran digital bagi petani untuk mengekspor produk organik.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Pertumbuhan Ekonomi Bikin Reasuransi di Amerika Latin Terus Ketiban Durian Runtuh
Next Post Allianz Malaysia Catat Laba Tumbuh 0,9% di Kuartal II/2024

Member Login

or