Media Asuransi, Jakarta – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) menyongsong tahun 2022 dengan penuh optimisme dan semangat untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat. Allianz Life menggelar acara kick off untuk kanal distribusi keagenan dan bancassurance secara virtual sebagai bagian dalam memberikan apresiasi dan berbagi inspirasi untuk para pemasar.
“Prioritas kami adalah memberikan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Untuk mewujudkan tujuan ini, kami didukung penuh oleh para tenaga pemasar yang memiliki semangat dan misi yang sama dengan Allianz. Kami senantiasa menyediakan berbagai inovasi dan solusi, yang dapat mendukung tenaga pemasar dalam membantu masyarakat Indonesia mendapatkan perlindungan asuransi. Digitalisasi akan memberikan kemudahan bagi para tenaga pemasar dalam memperoleh pelatihan dan informasi produk, serta mendukung proses penjualan yang efektif dan aman,” kata Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, David Nolan, dalam siaran persnya yang diterima Media Asuransi, Kamis, 20 Januari 2022.
Allianz Star Network (ASN) merupakan kanal distribusi keagenan Allianz Life Indonesia yang telah hadir selama 11 tahun dan membukukan pertumbuhan kinerja yang baik dari tahun ke tahun. Sampai akhir 2021, tercatat ada lebih dari 30.000 business partner atau mitra bisnis. Sejak 2018, Allianz Life Indonesia konsisten dengan strategi mengantisipasi dan mengoptimalkan pertumbuhan pasar dengan program rekrutmen I’m A Life Changer.
|Baca juga: Allianz Indonesia Perkenalkan Allianz Gymnastic Center di KidZania Jakarta
“Saat ini, lebih dari 60 persen dari keseluruhan jumlah mitra bisnis merupakan generasi milenial yang siap menghadapi perkembangan bisnis entrepreneurship,” papar David.
Menurutnya, pencapaian yang baik dari ASN juga didukung oleh digitalisasi yang telah dibangun Allianz untuk kemudahan mitra bisnis dan nasabah, antara lain digital sales tool Allianz Discover yang mendukung para mitra bisnis memberikan informasi produk dan perlindungan yang sesuai kebutuhan nasabah. Penggunaan Allianz Discover untuk mengajukan polis asuransi secara digital telah mencapai 96 persen.
Meskipun pandemi memberikan berbagai tantangan, Allianz Life Indonesia berhasil untuk terus mengembangkan bisnis bancassurance yang tumbuh 67 persen dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Perseroan juga mencatatkan pertumbuhan market share yang sangat baik, pada 2018 Allianz memperoleh 7 persen market share, kemudian di 2021 meningkat menjadi 11 persen.
“Pencapaian yang baik ini juga dapat dilihat dari pertumbuhan mitra perbankan dan pengembangan berbagai produk untuk memenuhi kebutuhan lebih banyak orang Indonesia. Hingga akhir 2021, Allianz Life Indonesia tercatat menjalin kerja sama dengan 10 mitra perbankan. Penambahan partner ini menunjukkan kepercayaan lebih besar pada Allianz sebagai penyedia perlindungan asuransi untuk nasabah mitra perbankan,” ungkap David.
Business Director Allianz Life Indonesia, Bianto Surodjo, menambahkan bahwa jalur distribusi keagenan dan bancassurance merupakan dua channel yang sangat penting bagi perkembangan bisnis Allianz Life Indonesia. Peran tenaga penjual adalah lini terdepan yang akan memberikan edukasi kepada nasabah mengenai pentingnya perlindungan asuransi dan membantu nasabah memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya. “Sistem pelatihan untuk tenaga pemasar disediakan melalui Allianz Sales Academy yang bersifat berkelanjutan dan efisien melalui media digital,” pungkasnya.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News