1
1

Allianz Utama Terus Fokus Kembangkan Bisnis Ritel di Indonesia 

PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama). | Foto: doc

Media Asuransi, JAKARTA – PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) mampu mencatatkan hasil positif pada tahun 2023. Salah satunya adalah Gross Written Premium (GWP) tercatat sebesar Rp803,52 miliar, tumbuh 20,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ini didorong oleh tiga lini asuransi andalan, yaitu asuransi properti yang memberikan kontribusi sebesar Rp251,41 miliar, asuransi perjalanan sebesar Rp93,18 miliar, dan asuransi kendaraan bermotor senilai Rp78,71 miliar. Hasil positif ini juga diikuti dengan peningkatan laba sebesar Rp16,99 miliar, meningkat 274 persen dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pendapatan premi asuransi umum sepanjang tahun 2023 mencapai Rp103,8 triliun, atau tumbuh 15,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp90,1 triliun.

|Baca juga: Laba Allianz Utama 2023 Meningkat

“Fokus Allianz Utama pada segmen ritel merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk terus memenuhi kebutuhan proteksi nasabah yang beragam. Berkat komitmen ini dan dengan dukungan seluruh karyawan dan mitra bisnis, perusahaan berhasil terus bertumbuh di 2023. Kami akan senantiasa berinovasi dan memberikan solusi serta layanan terbaik bagi nasabah,” kata Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Sunadi, dalam keterangan resmi, Senin, 27 Mei 2024.

Lebih lanjut dia katakan, Allianz Utama terus mengembangkan bisnis ritel di Indonesia dalam upayanya memberikan proteksi yang terjangkau kepada masyarakat, dengan meningkatkan penetrasi melalui kanal-kanal distribusi yang dimiliki.

Dalam hal keagenan, Allianz Utama telah menyediakan AZNet, digital sales tool untuk para agen yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun mereka berada selama 7×24 jam, sehingga dapat lebih mudah membantu nasabah dalam mendapatkan perlindungan asuransi. Hingga akhir tahun 2023, memiliki lebih dari 6.000 mitra bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Allianz Utama juga memanfaatkan jalur distribusi affinity dengan mitra terpercaya, seperti bekerja sama dengan lebih dari 100 travel agent. Hal ini dilakukan sebagai salah satu strategi untuk memberikan perlindungan yang lebih luas dengan premi asuransi yang terjangkau.

Di sisi technical excellence, perusahaan akan tetap menjalankan bisnis secara selektif sesuai prinsip kehati-hatian, dengan mengacu kepada pedoman dan kebijakan Allianz Grup. Allianz Utama juga menghitung risiko kecukupan premi yang ada, sehingga dapat melakukan kewajiban untuk membayar klaim. “Pada 2023 kami membayarkan klaim sebesar Rp171,01 miliar,” jelas Sunadi.

|Baca juga: Allianz Utama dan Garuda Indonesia Pasarkan 2 Produk Asuransi Perjalanan

Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 448 persen, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditetapkan regulator yakni 120 persen.

Sepanjang tahun 2023 Allianz Utama melakukan serangkaian inovasi yang meliputi pengembangan produk asuransi perjalanan TravelPro untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan terbaru yang berlaku, dan peluncuran Claim Hub untuk asuransi perjalanan yang berfungsi sebagai layanan yang dapat memberikan proses klaim yang lebih cepat dan efektif untuk nasabah

Selain itu Allianz Utama juga melakukan pengembangan 50 proses robotik baru dan yang dapat membantu efisiensi dan efektivitas berbagai transaksi operasional, serta menambahkan fitur perpanjangan otomatis untuk beberapa produk pada agent portal. Dengan fitur ini, nasabah dan mitra bisnis dapat melakukan perpanjangan otomatis tanpa memerlukan konfirmasi ulang perpanjangan polis setiap tahunnya.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Pendaftaran Singapore International Reinsurance Conference (SIRC) 2024 Telah Dibuka
Next Post Sequis Ajak Masyarakat Rutin Cek Angka Trigliserida, Buat Apa?

Member Login

or