Media Asuransi, GLOBAL – Laporan terbaru dari AM Best menyebutkan industri asuransi mobil pribadi di Amerika Serikat (AS) mencapai puncak inovasi dalam proses manajemen klaim otomatis dan pemanfaatan data untuk otomatisasi penilaian risiko. Meski demikian, tantangan masih ada dalam mengubah inisiatif inovatif menjadi profitabilitas yang signifikan.
Laporan khusus berjudul ‘Pemegang Polis Mobil Pribadi yang Sangat Inovatif Memiliki Keunggulan Kompetitif yang Signifikan’ mengungkapkan bahwa tidak semua perusahaan asuransi mobil mencapai tingkat inovasi yang sama.
|Baca: Hanwha Life Resmi Akuisisi 40% Saham Bank Nobu
Perusahaan-perusahaan yang lebih inovatif tidak hanya memiliki keunggulan kompetitif tetapi juga mendapatkan manfaat yang lebih besar, termasuk penangkapan pangsa pasar yang lebih besar, perkembangan bisnis yang lebih cepat, dan rasio gabungan yang lebih rendah.
Seorang analis riset industri di AM Best, Helen Andersen mengatakan, assuransi mobil pribadi sebagai garis bisnis sangat cocok untuk inovasi. Dia menambahkan risiko-risiko besar yang homogen membuat inisiatif-inisiatif inovatif lebih mudah diperbesar dan direplikasi.
Berkorelasi dengan tingkat inovasi
Dilansir dari laman resmi AM Best, Selasa, 7 Mei 2024, laporan tersebut juga menyoroti pertumbuhan premi bersih (NPW) yang sangat berkorelasi dengan tingkat inovasi. Perusahaan-perusahaan yang lebih inovatif telah melampaui kinerja industri secara keseluruhan sejak 2018, dengan pertumbuhan NPW lebih dari dua kali lipat dari rata-rata industri.
Di antara perusahaan-perusahaan yang utamanya menerbitkan polis bisnis asuransi mobil pribadi, perusahaan-perusahaan yang disebut sebagai ‘Pemimpin’ dalam inovasi telah mencatat pertumbuhan NPW rata-rata sebesar 13,3 persen sejak 2018. Ini jauh melampaui pertumbuhan rata-rata industri sebesar 5,5 persen.
Meskipun terdapat pencapaian yang signifikan dalam inovasi, namun AM Best menurunkan peringkat 18 perusahaan asuransi mobil pribadi di Amerika Serikat pada 2023.
Kategori-kategori non-inovatif seperti ‘Minimal’ dan ‘Sedang’ mendominasi jumlah keseluruhan populasi perusahaan asuransi mobil pribadi, menyoroti tantangan yang masih harus diatasi dalam menerapkan inovasi secara efektif untuk meningkatkan profitabilitas.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News