Media Asuransi, GLOBAL – AM Best mempertahankan prospek yang stabil pada segmen asuransi non-jiwa China mengingat momentum pertumbuhan di segmen motor dan non-motor, serta pemulihan ekonomi domestik setelah penghapusan pembatasan terkait pandemi, yang sebagian diimbangi oleh prospek ekonomi yang lebih lemah pada tahun 2024.
Laporan Segmen Pasar The Best, “Market Segment Outlook: China Non-Life Insurance,” juga mencatat bahwa posisi solvabilitas industri tetap kuat, meskipun dengan persyaratan modal yang lebih tinggi di bawah C-ROSS Tahap II. Pelonggaran aturan investasi terkait solvabilitas C-ROSS baru-baru ini diperkirakan akan sedikit meningkatkan posisi solvabilitas segmen non-jiwa.
Pasar non-jiwa China membukukan laba bersih sebesar CNY44,5 miliar dalam sembilan bulan pertama tahun 2023, turun sebesar CNY7,4 miliar dari periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunan laba bersih disebabkan oleh tekanan underwriting dan kejadian bencana; hasil investasi industri tetap menjadi kontributor utama terhadap pendapatan secara keseluruhan.
|Baca juga: Marsh: Harga Asuransi Properti di Asia Naik 2 Persen pada Kuartal III/2023
Pada saat yang sama, total premi langsung tertulis (DPW) meningkat sebesar 7,3% menjadi CNY 1,2 triliun (US$166,4 miliar) dalam sembilan bulan pertama tahun 2023. Segmen kendaraan bermotor telah menunjukkan momentum pertumbuhan yang kuat, dengan premi meningkat sebesar 5,8% pada Agustus tahun 2023 dan sebesar 5,6% pada bulan September, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Tren signifikan lainnya adalah pertumbuhan eksponensial dalam penjualan kendaraan listrik, yang menyebabkan meningkatnya permintaan akan asuransi kendaraan bermotor.
“Meskipun perusahaan asuransi ingin memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh segmen kendaraan listrik, perlu dicatat bahwa biaya perbaikan dan servis lebih tinggi dibandingkan kendaraan bertenaga gas karena suku cadang yang mahal dan kurangnya teknisi perbaikan dan pemeliharaan yang berkualitas,” kata Lucie Huang, analis keuangan senior, AM Best.
Selain itu, sambung dia, kurangnya riwayat klaim, ditambah dengan perbedaan antar produsen kendaraan listrik, menimbulkan tantangan terhadap penetapan harga dan penilaian risiko yang akurat.
Menurut laporan tersebut, lini bisnis non-motor kemungkinan akan menjadi pendorong utama pertumbuhan premi di masa depan. Perusahaan asuransi skala kecil berupaya menangkap peluang pertumbuhan di segmen asuransi kesehatan untuk memenuhi permintaan perlindungan kesehatan tambahan yang tidak tercakup dalam skema kesehatan sosial saat ini.
Selain itu, asuransi pertanian, yang memiliki porsi DPW sebesar 10% pada tiga kuartal pertama tahun 2023, menjadi semakin penting bagi industri non-jiwa sebagai alat mitigasi risiko terhadap kejadian bencana alam dan fluktuasi harga. AM Best memperkirakan bahwa jalur non-motor akan mendorong pengembangan pasar non-jiwa di China dalam jangka menengah.
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News