Media Asuransi, JAKARTA – Dewan Asuransi Indonesia (DAI) bersama PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia) menggelar kegiatan literasi asuransi kepada pelaku UMKM di Kota Medan, Selasa, 14 Oktober 2025.
Kegiatan yang diadakan dalam rangkaian Hari Asuransi Nasional 2025 ini, membekali UMKM mengenai pengetahuan tentang pentingnya mengelola keuangan dan memiliki asuransi jiwa agar lebih tenang dalam menjalankan usaha, menjaga stabilitas keuangan di masa depan, baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga.
Peringatan hari Asuransi diperingati setiap tanggal 18 Oktober, dan pada tahun 2025 ini merupakan penyelenggaraan Hari Asuransi yang ke-19. Dewan Asuransi Indonesia (DAI) telah menunjuk Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) sebagai Pelaksana Hari Asuransi 2025 yang diketuai oleh Muhammad Iqbal.
|Baca juga: Chubb Life Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Dwiguna Kombinasi Terbaru My Wealth Protection
Hari Asuransi tahun ini tetap mengusung tema “Literasi Asuransi Untuk Negeri” dan mengangkat sub tema “Pahami-Miliki-Lindungi”. Tema tersebut diangkat oleh DAI untuk Hari Asuransi 2025 sebagai komitmen bersama seluruh asosiasi perasuransian, untuk berupaya terus meningkatkan literasi kepada masyarakat dengan cara memahami asuransi dengan memberikan edukasi lalu mengajak masyarakat untuk memiliki produk asuransi, dan merasakan manfaat perlindungan dari berasuransi.
Hasil Laporan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2025 menunjukkan peningkatan yang signifikan pada sektor perasuransian. Indeks literasi perasuransian tercatat sebesar 45,45 persen, naik dari sebelumnya 36,9 persen. Sementara itu indeks inklusi perasuransian naik dari 12,12 persen menjadi 28,50 persen.
|Baca juga: Chubb Life Luncurkan Asuransi Kritis, Tanggung Biaya ICU dan 144 Penyakit
Pencapaian ini menunjukkan semakin luasnya pemahaman dan keterlibatan masyarakat terhadap asuransi. Selain itu, pencapaian ini juga lebih disebabkan kemudahan fitur proteksi yang tersedia dalam layanan belanja online. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa edukasi dan inovasi yang dekat dengan keseharian masyarakat mampu mendorong literasi serta inklusi asuransi di Indonesia.
Ketua Panitia Hari Asuransi 2025, Muhammad Iqbal, menyatakan komitmennya untuk melaksanakan rangkaian literasi dan inklusi asuransi bagi pelaku UMKM bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani, sebagai bentuk apresiasi atas peran UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional.
Kegiatan literasi ini akan berlangsung di 10 kota di Indonesia, dan puncak perayaan pada tanggal 18 Oktober 2025 di Bali, sebagai momen Hari Asuransi yang menyelenggarakan rangkaian acara konferensi pers Hari Asuransi, CSR dan kegiatan literasi asuransi kepada mahasiswa dan masyarakat umum.
Melalui program ini, panitia optimistis dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya berasuransi guna menciptakan kestabilan dan perlindungan dari berbagai risiko di masa depan.
10 Titik Lokasi Literasi Asuransi 2025
No |
Titik Penyelenggaraan |
Tanggal |
1 |
Kota Denpasar, Bali |
1 Oktober 2025 |
2 |
Kota Semarang I, Jawa Tengah |
7 Oktober 2025 |
3 |
Kota Cirebon, Jawa Barat |
9 Oktober 2025 |
4 |
Kota Surabaya I, Jawa Timur |
10 Oktober 2025 |
5 |
Kota Surabaya II, Jawa Timur |
10 Oktober 2025 |
6 |
Kota Medan, Sumatera Utara |
14 Oktober 2025 |
7 |
Kota Surabaya III, Jawa Timur |
14 Oktober 2025 |
8 |
Kota Bandung, Jawa Barat |
15 Oktober 2025 |
9 |
Kota Semarang II, Jawa Tengah |
15 Oktober 2025 |
10 |
Kota Makassar, Sulawesi Selatan |
21 Oktober 2025 |
11 |
Konferensi Pers Hari Asuransi, CSR, dan Kegiatan Literasi Asuransi kepada Mahasiswa dan Masyarakat Umum |
18 Oktober 2025 |
Presiden Direktur Chubb Life Indonesia, Kumaran Chinan, mengatakan kebanggaannya dapat mendukung inisiatif literasi keuangan dalam rangka merayakan Hari Asuransi, terutama untuk UMKM di Medan. “Mempromosikan literasi keuangan adalah salah satu fokus utama kami,” katanya.
Dia tambahkan, Chubb Life Indonesia secara rutin melaksanakan inisiatif ini di seluruh Indonesia untuk memberdayakan individu dan komunitas lokal dengan pengetahuan yang diperlukan agar mereka dapat membuat keputusan keuangan dengan tepat, yang selanjutnya dapat mendukung stabilitas, ketahanan, dan kemakmuran jangka panjang.
“Upaya ini sejalan dengan visi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan asosiasi perasuransian di Indonesia melalui program-program seperti ‘Literasi untuk Negeri’ dan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN), serta membantu menciptakan masa depan yang lebih aman bagi individu dan keluarga,” tutur Kumaran.
Editor: S. Edi santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News