Media Asuransi, JAKARTA – Masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan tiga jam delapan menit per hari di media sosial. Fakta ini menunjukkan besarnya potensi platform tersebut untuk dimanfaatkan secara lebih produktif, termasuk menambah pemasukan.
Salah satu cara yang populer saat ini adalah melalui pemasaran afiliasi atau affiliate marketing, yang memungkinkan pengguna media sosial meraih penghasilan tambahan dengan mudah dan fleksibel. Bahkan, survei Populix 2024 mencatat 67 persen responden menganggap program afiliasi sebagai cara menarik untuk menambah pendapatan.
|Baca juga: Bukan Cuma Bertahan, Ini Jurus Pamungkas OJK Dongkrak Industri Asuransi RI!
|Baca juga: Ketua DAI: Klaim Tinggi Bukan Ancaman tapi Peluang untuk Industri Asuransi
Melihat potensi ini, Prudential Indonesia meluncurkan CUAP Bareng Prudential, sebuah program afiliasi digital yang tidak hanya menawarkan peluang finansial, tetapi juga meningkatkan literasi keuangan dan kesadaran akan pentingnya proteksi kesehatan.
Dengan semangat kampanye #SegampangItu, CUAP Bareng Prudential menawarkan solusi praktis yang relevan di era digital. Program ini menggunakan ekosistem digital dengan pendekatan sederhana dan menyenangkan untuk memungkinkan siapa saja bergabung sebagai Cuapers (sebutan untuk peserta CUAP).
Peserta itu mulai dari gen-Z, fresh graduate, ibu rumah tangga, kreator konten, hingga pekerja kantoran. Peserta dapat menghasilkan pendapatan tambahan sekaligus memanfaatkan media sosial secara bijak dengan membagikan konten edukatif tentang asuransi dan literasi keuangan di media sosial.
|Baca juga: Industri Asuransi RI Disebut Lemah, Proyek-proyek Besar Akhirnya ‘Terbang’ ke Luar Negeri
|Baca juga: 6 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus, Pengamat: Perlu Dilihat Berdampak Sistemik atau Tidak!
CUAP Bareng Prudential merupakan langkah strategis untuk mengatasi rendahnya tingkat literasi keuangan dan penetrasi asuransi di Indonesia. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2025 menunjukkan tingkat literasi masyarakat terhadap asuransi masih di bawah tiga persen per Februari 2025.
Chief Customer and Marketing Officer Prudential Indonesia Karin Zulkarnaen mengungkapkan melalui program ini Prudential tidak hanya membuka peluang finansial bagi masyarakat, tetapi juga berupaya mendorong peningkatan pemahaman publik tentang pentingnya perencanaan keuangan dan memiliki proteksi kesehatan.
“(Hal itu penting) mengingat inflasi medis di Indonesia diprediksikan pada 2025 meningkat hingga 19 persen. Kami percaya edukasi keuangan dan pentingnya memiliki perlindungan harus menjadi bagian dari solusi untuk membantu masyarakat lebih siap menghadapi risiko di masa depan,” ujar Karin, dikutip dari keterangan resminya, Senin, 21 Juli 2025.
Untuk memperkuat dampak program ini, Prudential menggandeng figur-figur inspiratif yang dapat memberikan wawasan dan motivasi kepada Cuapers. Salah satunya adalah Leo Giovanni, seorang kreator konten kenamaan Tanah Air. Dalam kolaborasi tersebut, ia membagikan wawasan serta tips praktis mengenai strategi membangun konten afiliasi yang efektif untuk Cuapers.
|Baca juga: Petinggi IFG: Pertumbuhan Premi Asuransi Terbatas tapi Diiringi Fundamental Keuangan yang Baik
“Sebagai kreator konten, saya melihat program Cuap bareng Prudential sebagai platform yang tidak hanya memberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tetapi juga memungkinkan kita berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perencanaan keuangan dan proteksi kesehatan,” ujar Leo.
Melalui Cuap bareng Prudential, Karin menyebutkan, Prudential ingin menciptakan ekosistem yang mendukung kemandirian finansial masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam memperluas edukasi tentang pentingnya memiliki proteksi kesehatan.
|Baca juga: Industri Asuransi RI Disebut Lemah, Proyek-proyek Besar Akhirnya ‘Terbang’ ke Luar Negeri
|Baca juga: Berikut Para Pemenang Market Leaders Pialang Reasuransi 2025
“Kami percaya program ini dapat menjadi langkah strategis untuk menjawab tantangan ekonomi sekaligus mendorong literasi keuangan di Indonesia. Dengan peluncuran Cuap Bareng Prudential, Prudential kembali menegaskan komitmennya untuk membantu masyarakat Indonesia mencapai kesejahteraan finansial dan hidup yang lebih sehat,” tutup Karin.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News