Media Asuransi, JAKARTA – Memiliki asuransi, khususnya produk asuransi jiwa, merupakan kebutuhan dasar yang seharusnya dipenuhi oleh perorangan dalam rangka mempersiapkan finansial bagi ahli warisnya.
Mengutip dari Buku Edukasi Asuransi Jiwa berjudul “Hidup Cerdas dengan Asuransi Jiwa” yang diterbitkan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), fungsi dari produk asuransi jiwa adalah menanggung kebutuhan finansial tak terduga karena meninggalnya seseorang terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama.
Misalnya, ketika seseorang meninggal dengan tiba-tiba, dengan adanya asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan akan menerima manfaat asuransi sehingga kebutuhan hidup keluarganya dapat terpenuhi.
Pada dasarnya semakin cepat Anda memiliki asuransi jiwa, maka akan semakin baik. Namun demikian, terdapat sejumlah momen kapan Anda perlu mulai berasuransi yaitu pertama saat memasuki usia produktif. Kedua, saat memutuskan untuk menikah. Ketiga, saat memiliki anak. Keempat, saat ingin memiliki rumah. Dan kelima, saat mempersiapkan masa pensiun.
|Baca juga: 9 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Asuransi Jiwa
Lalu pertanyaannya, di mana tempat yang tepat untuk membeli produk asuransi jiwa? Menurut AAJI, ada 4 saluran penjualan asuransi jiwa yaitu:
Pertama, melalui tenaga pemasar asuransi jiwa alias agen asuransi. Para agen asuransi ini akan memberikan bantuan dan layanan dalam melakukan analisa kebutuhan asuransi jiwa Anda. Dalam berhubungan dengan agen asuransi, Anda harus memastikan bahwa agen asuransi yang melayani Anda telah tersertifikasi dan mewakili perusahaan asuransi. Jangan lupa untuk kritis terhadap apa yang dijelaskan atau diinformasikan oleh agen asuransi.
Kedua, pembelian melalui mitra bank atau bancassurance. Nasabah bank yang ingin menggabungkan aktivitas keuangannya dalam satu bank yang sama, dapat membeli asuransi jiwa dari bank yang bermitra dengan perusahaan asuransi jiwa. Jangan lupa untuk kritis terhadap apa yang dijelaskan atau diinformasikan oleh petugas bank.
Ketiga, pembelian melalui online alias e-commerce. Anda dapat membeli asuransi jiwa yang sederhana dengan mudah, cepat, dan nyaman melalui layanan e-commerce asuransi. Layanan ini saat ini dikenal dengan istilah insurance technology (insurtech). Selain melalui platform insurtech, biasanya kanal online ini juga disediakan langsung oleh perusahaan asuransi yang telah mengembangkan platform atau aplikasi online sendiri.
Keempat, pembelian melalui telemarketing. Apabila Anda dihubungi oleh petugas telemarketing yang menawarkan produk asuransi jiwa, maka pastikan Anda telah memahami jenis asuransi jiwa dan manfaat yang ditawarkan. Jangan lupa untuk kritis terhadap apa yang dijelaskan atau diinformasikan oleh petugas telemarketing.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News