1
1

Igloo Catat Tren Solo Traveler Perempuan ke Mancanegara Naik

Seorang wanita sedang menikmati perjalanan dengan pesawat klas bisnis. | Foto: Allianz Utama

Media Asuransi, JAKARTA — Igloo, perusahaan insurtech di Asia Tenggara, merilis temuan tentang perilaku dan kebiasaan pembelian asuransi perjalanan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu temuannya adalah, ternyata pelanggan Igloo gemar melancong ke mancanegara, terutama perempuan dengan tren yang meningkat.

Lebih dari 80 persen asuransi perjalanan yang dibeli oleh laki-laki digunakan untuk perjalanan internasional, sedangkan jumlah ini mencapai 90 persen bagi pelanggan perempuan. Sejumlah negara seperti Jepang, Singapura, Thailand, dan Korea adalah destinasi favorit wisatawan Indonesia.

Kemudian, meningkatnya tren solo traveler. Sebanyak 57 persen dari seluruh pembelian asuransi perjalanan digunakan untuk perjalanan solo. Dari total tersebut, solo traveler didominasi oleh perempuan, dengan 60 persen asuransi perjalanan yang dibeli oleh perempuan ditujukan untuk perjalanan solo. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan laki-laki yang berada pada 53 persen.

|Baca juga: Igloo Berbagi Strategi Tingkatkan Penetrasi Asuransi Kepada Gen Z

Data berikutnya menunjukkan bahwa orang Indonesia cenderung last minute, terutama untuk perjalanan internasional. Sebanyak 40 persen wisatawan internasional membeli asuransi perjalanan dalam rentang 0-4 hari sebelum keberangkatan, dengan 1 dari 10 orang bahkan membeli dalam waktu kurang dari 24 jam sebelum hari keberangkatan.

Namun, kebiasaan last-minute ini jarang terjadi pada perjalanan domestik. Hanya 22 persen wisatawan domestik membeli asuransi dalam 0-4 hari sebelum keberangkatan, dan delapan persen membelinya dalam waktu kurang dari 24 jam sebelum tanggal keberangkatan.

|Baca juga: Lazada dan Igloo Berkolaborasi Proteksi Produk Elektronik hingga Kecantikan

Berikutnya, dalam perjalanan keluarga, ayah menjadi sosok utama dalam pengambilan keputusan terkait pelindungan perjalanan, dengan 60 persen polis asuransi perjalanan dibeli oleh mereka.

“Kami berharap temuan ini memberikan wawasan lebih dalam mengenai bagaimana masyarakat Indonesia bepergian, sehingga mereka dapat melindungi diri dari risiko perjalanan. Kami juga merekomendasikan pembelian asuransi perjalanan segera setelah tiket pesawat dipesan, agar mencakup potensi pembatalan penerbangan,” kata Head of D2C Igloo, Delta Andreansyah, dalam keterangan resmi yang dikutip Minggu, 30 Maret 2025.

Namun, lanjutnya, data Igloo masih menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cenderung membeli asuransi perjalanan di menit-menit terakhir. “Untuk itu, kami berkomitmen untuk terus memanfaatkan masukan, wawasan, dan kebiasaan pembelian dari para pelanggan, agar kami dapat melayani pelanggan dengan lebih baik,” ujarnya.

 

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Asuransi Sinar Mas Bagikan Paket Idul Fitri dan Wakaf Al-Qur’an di  Jakarta 
Next Post Ternyata Ini Kelebihan Mobil Listrik dari Mobil Bensin, Berikut Ulasan Lengkapnya!

Member Login

or