1
1

Industri Pialang Asuransi Global Diperkirakan Tumbuh 16,1% pada 2022-2030

Seorang pialang asuransi sedang menjelaskan kondisi pasar. | Foto: Ist

Media Asuransi, NEW YORK – Studi Zion Market Research memperkirakan ukuran pasar pialang asuransi global bernilai sekitar US$128,21 miliar pada tahun 2021 dan diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar US$278,30 miliar pada tahun 2030 dengan compound annual growth rate (CAGR) sekitar 16,1% antara tahun 2022 dan 2030.

Dalam riset terbarunya, Zion Market Research memaparkan bahwa pialang asuransi mengacu pada bisnis penyediaan saran independen dan layanan terkait kepada orang-orang dalam hal skema asuransi yang tersedia dan manfaatnya.

Asuransi adalah suatu ukuran dimana orang dapat melindungi kepentingan keuangan mereka, terutama kerugian. Pialang asuransi melibatkan dua pihak di mana yang satu memberikan yang lain dengan biaya nominal dan reguler sebagai imbalan atas kesepakatan bahwa pihak lain akan memberi kompensasi secara moneter jika terjadi peristiwa tertentu, kehilangan nyawa, atau kondisi kesehatan. Prosesnya dilakukan dengan bantuan broker asuransi yang bertindak sebagai perantara antara perusahaan dan klien.

|Baca juga: Pasar Pialang Asuransi Global Diperkirakan Capai US$515,3 Miliar pada 2028

Pasar pialang asuransi global diproyeksikan mendapat keuntungan karena situasi tidak pasti yang timbul karena berbagai faktor yang dapat menyebabkan kerugian finansial yang parah. Ini termasuk semua jenis risiko keuangan termasuk yang terkait dengan bisnis atau pribadi, terkait dengan kondisi kesehatan.

Dalam situasi seperti itu, lebih banyak orang mencari cara untuk memastikan bahwa dalam kondisi tertentu bisnis atau orang yang dicintai dapat dilindungi dari tekanan keuangan yang parah. Memanfaatkan manfaat yang ditawarkan oleh pialang asuransi, entitas atau orang yang diasuransikan dapat memperoleh keuntungan lebih tinggi dibandingkan dengan situasi di mana tidak ada peran yang dimainkan oleh pialang asuransi.

Salah satu manfaat utama adalah penilaian risiko yang objektif karena perusahaan yang bekerja di pasar global bekerja untuk kepentingan orang yang melakukan asuransi. Ini berarti bahwa pialang asuransi menilai semua layanan asuransi dan memberi klien daftar yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Efisiensi seperti itu tidak dapat dicapai dengan menangani asuransi yang bernilai jutaan dolar sendirian atau tanpa bantuan pihak luar.

Lebih lanjut, Zion Market Research menyampaikan pasar pialang asuransi global diperkirakan akan diuntungkan dari meningkatnya penjualan di segmen otomotif, terutama di sub-segmen kelas atas, premium, atau mewah di mana pembeli lebih memilih untuk mengasuransikan kendaraannya dengan harga nominal.

Pembeli mobil mewah umumnya cenderung mengeluarkan uang untuk asuransi yang komprehensif dan meskipun biayanya bisa cukup tinggi, selalu disarankan untuk mengasuransikan kendaraannya. Apalagi, tren yang sama saat ini juga terlihat di segmen otomotif lain di mana negara-negara tertentu mewajibkan setiap mobil harus diasuransikan. Misalnya, di India, undang-undang kendaraan bermotor mewajibkan kendaraan bermotor yang beroperasi di ruang publik untuk diasuransikan.

Namun demikian, salah satu tantangan utama yang dihadapi pelaku pasar global adalah ketika konsumen langsung memilih membeli asuransi tanpa bantuan pihak ketiga. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya pengetahuan tentang manfaat perantara, kurangnya kepercayaan pada perantara, mengakibatkan biaya keseluruhan ketika broker asuransi muncul, dan banyak alasan profesional atau pribadi lainnya. Namun, para pemain pasar global telah berinvestasi dalam strategi pemasaran yang lengkap untuk menyebarkan lebih banyak kesadaran di kalangan masyarakat.

|Baca juga: Kinerja Industri Pialang Asuransi Bertumbuh, Prospek Digital Positif

Berdasarkan mode, pasar pialang asuransi global mencatat pertumbuhan tertinggi di segmen offline karena mayoritas orang lebih memilih untuk menggunakan cara tradisional setidaknya selama tahap awal penandatanganan kontrak.

Sementara itu, mode online mendapatkan lebih banyak daya tarik di populasi perkotaan atau untuk layanan pascapembelian.

Selama periode proyeksi, pasar pialang asuransi global diperkirakan mencatat pertumbuhan tercepat di segmen online karena meningkatnya investasi dalam penerapan teknologi canggih untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Sebuah survei baru-baru ini menyimpulkan bahwa hampir 64,9% populasi mungkin lebih memilih saluran online untuk pembelian asuransi di tahun-tahun mendatang.

Berdasarkan pengguna akhir, pasar pialang asuransi global dibagi menjadi individu dan perusahaan. Pertumbuhan segmental didorong oleh segmen korporasi pada tahun 2021 dan terutama karena korporasi dan bisnis cenderung berinvestasi dalam skema asuransi bernilai jutaan dolar untuk berbagai proyek. Transaksi semacam itu lebih baik ditangani dengan intervensi pihak ketiga yang lebih menguasai pasar asuransi.

Sementara itu, pengambil polis asuransi individu dapat menemukan agen asuransi sebagai bantuan yang sesuai. Pada 2019, Marsh & McLennan mencatatkan pendapatan tahunan sebesar US$16,7 miliar.

Adapun pemain utama industri pialang asuransi global menurut Zion Market Research adalah:

  • Marsh and McLennan Companies Inc.
  • Alliant Insurance Services Inc.
  • HUB International Ltd.
  • Navnit Insurance Broking Pvt. Ltd.
  • Mahindra Insurance Brokers Ltd.
  • Truist Financial Corp

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Sektor Ritel Prospektif, Saham SCMA, MAPI, dan ACES Jadi Pilihan 
Next Post RiverStone International Amankan Dukungan Reasuransi senilai US$305 Juta

Member Login

or