1
1

Ini Dia Tren Utama Pendorong Aktivitas Klaim Asuransi Kelautan

Kapal kargo terbakar di tengah lautan. | Foto: ist

Media Asuransi, MUNICH, JERMAN –  Allianz Global Perusahaan & Khusus (AGCS) mencatat insiden kebakaran dan ledakan menyebabkan klaim asuransi terbesar di industri kelautan, sementara pada saat eksposur dan inflasi meningkat, kerusakan kargo adalah penyebab kerugian yang paling sering terjadi.

Perusahaan asuransi kelautan dan kargo menganalisis lebih dari 240.000 klaim industri asuransi kelautan di seluruh dunia antara Januari 2017 dan Desember 2021, bernilai sekitar €9,2 miliar, dan telah mengidentifikasi sejumlah klaim dan tren risiko yang mendorong aktivitas kerugian besar di sektor ini. Inflasi adalah perhatian utama lainnya bagi perusahaan asuransi kelautan dan pemegang polis mereka karena kenaikan nilai kapal dan kargo baru-baru ini berarti kerugian dan perbaikan menjadi lebih mahal ketika terjadi kesalahan.

“Jumlah kebakaran di atas kapal besar telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan serangkaian insiden yang melibatkan kargo, yang dapat dengan mudah mengakibatkan kerugian total pada kapal atau kerusakan lingkungan,” kata Régis Broudin, Global Head of Marine Claims di AGCS.

|Baca juga:  Perkumpulan Alumni Akastri-STMA Trisakti Gelar Workshop Investigasi Forensik Klaim Asuransi

Pada saat yang sama, jelasnya, sektor pelayaran juga harus menghadapi banyak tantangan lain termasuk meningkatnya jumlah skenario yang mengganggu, masalah rantai pasokan, inflasi, awak kapal dan karyawan yang tertekan waktu, meningkatnya kerugian dan kerusakan akibat peristiwa cuaca ekstrem, penerapan teknologi dan bahan bakar rendah karbon baru, serta invasi Rusia ke Ukraina.

Kebakaran menyumbang 18% dari nilai klaim laut yang dianalisis (setara dengan sekitar €1,65 miliar) dibandingkan dengan 13% untuk periode lima tahun yang berakhir pada Juli 2018. Faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko kebakaran di atas kapal sering salah dinyatakan/tidak dinyatakan (dari) kargo berbahaya, sementara peningkatan baru-baru ini dalam kebakaran ruang mesin dapat mengungkapkan beberapa risiko mendasar seputar kompetensi awak.

Potensi bahaya pengangkutan baterai lithium-ion di kapal hanya menambah kekhawatiran ini, dengan AGCS telah melihat sejumlah insiden. Sebuah laporan dari AGCS menyoroti daftar lengkap tindakan pencegahan kerugian yang perlu dipertimbangkan.

Efek Inflasi

Dengan banyak negara melihat tingkat pada atau sekitar 10%, inflasi menambah tren yang ada mendorong keparahan klaim yang lebih tinggi. Kenaikan harga baja, suku cadang, dan tenaga kerja merupakan faktor penyebab meningkatnya biaya perbaikan lambung kapal dan klaim kerusakan mesin.

Selain itu, nilai kapal dan kargo telah meningkat seiring meningkatnya eksposur terkait dengan kapal yang lebih besar, yang terbesar dapat mengangkut 20.000 kontainer sekaligus. Nilai gabungan armada pedagang global meningkat 26% menjadi US$1,2 triliun pada tahun 2021, sementara nilai rata-rata pengiriman peti kemas juga meningkat dengan lebih banyak barang bernilai tinggi seperti elektronik dan obat-obatan. Bukan hal yang aneh melihat satu kontainer senilai US$50 juta atau lebih untuk obat-obatan bernilai tinggi.

Menurut analisis AGCS, barang rusak, termasuk kargo, adalah penyebab utama klaim asuransi pelayaran berdasarkan frekuensi, dan terbesar ketiga berdasarkan nilai. Klaim yang paling umum adalah kerusakan fisik, biasanya akibat penanganan, penyimpanan, dan pengepakan yang buruk.

Namun, beberapa tahun terakhir ini juga terlihat sejumlah klaim pencurian dan variasi suhu bernilai tinggi, yang terakhir dapat berdampak terutama pada obat-obatan. Pencurian adalah penyebab klaim paling sering ketiga dengan penjahat yang menargetkan barang elektronik konsumen dan komoditas bernilai tinggi seperti tembaga. Kargo biasanya dicuri dari pelabuhan, gudang, atau selama transit.

|Baca juga:  Ini Dia 10 Besar Penyebab Utama Klaim Asuransi Bisnis

Ledakan pengiriman peti kemas baru-baru ini juga telah memengaruhi klaim kargo dengan kekurangan global yang mengakibatkan peti kemas di bawah standar dan rusak dibawa kembali untuk digunakan yang mengakibatkan kerugian.

“Risiko pencurian dan kerusakan kargo bernilai tinggi perlu ditangani dengan langkah-langkah mitigasi risiko tambahan, seperti pelacak GPS dan sensor yang menyediakan pemantauan posisi, suhu, kejutan kelembaban, dan bukaan pintu dan cahaya secara real-time, misalnya,” kata Kapten Rahul Khanna, Global Head of Marine Risk Consulting di AGCS.

Pada saat yang sama, sambung dia, kepentingan kargo perlu memperhatikan nilai pertanggungan. “Klien mungkin perlu menyesuaikan batas asuransi dan polis mereka, atau berisiko kekurangan asuransi, kami telah melihat klaim untuk kargo peti kemas bernilai tinggi di mana kepentingan kargo diasuransikan kurang dari sebanyak US$20 juta,” jelasnya.

AGCS juga mengidentifikasi sejumlah tren risiko dalam analisis yang kemungkinan berdampak pada aktivitas kerugian di sektor kelautan, baik saat ini maupun di masa depan:

  • Sumber gangguan terus meningkat

Beberapa tahun terakhir telah terjadi sejumlah insiden maritim, bencana alam, serangan dunia maya, dan pandemi Covid-19 yang menyebabkan keterlambatan besar pada pelayaran dan pelabuhan. Gangguan lebih lanjut juga disebabkan oleh kemacetan, kekurangan tenaga kerja dan kapasitas peti kemas yang terbatas. Ada juga konsentrasi risiko kargo yang lebih besar di atas kapal peti kemas besar dan di pelabuhan utama, sehingga insiden apa pun berpotensi memengaruhi volume besar kargo dan perusahaan secara bersamaan.

  • Tekanan komersial sudah menjadi faktor penyebab banyak kerugian yang diakibatkan oleh pengambilan keputusan yang buruk.

Dengan tekanan pada kapal dan awak kapal yang saat ini tinggi, kenyataannya beberapa orang mungkin tergoda untuk mengabaikan masalah atau mengambil jalan pintas, yang dapat mengakibatkan kerugian.

  • Perubahan iklim semakin memengaruhi klaim kelautan

Bencana alam sudah menjadi penyebab terbesar kelima dari klaim asuransi kelautan, menurut frekuensi dan tingkat keparahan menurut analisis AGCS. Cuaca ekstrem merupakan faktor penyebab setidaknya 25% dari total 54 kehilangan kapal yang dilaporkan pada tahun 2021 saja, sementara kekeringan di Eropa selama tahun 2022 kembali menyebabkan gangguan besar pada pengiriman di Rhine. Di AS, itu menjatuhkan saluran air pedalaman di sekitar Sungai Mississippi ke tingkat yang tidak terlihat selama beberapa dekade, berdampak pada transportasi global tanaman seperti biji-bijian.

  • Diperlukan pendekatan yang lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan di sektor pelayaran, tetapi disertai dengan risiko

Upaya dekarbonisasi industri pelayaran, yang merupakan kontributor utama emisi gas rumah kaca (GRK) global juga akan berdampak pada klaim di masa mendatang. Mengurangi GRK mengharuskan industri perkapalan untuk mengembangkan bentuk propulsi dan desain kapal yang lebih berkelanjutan serta menggunakan bahan bakar alternatif.

Sebanyak pengenalan teknologi baru dan praktik kerja diperlukan untuk pindah ke dunia rendah karbon, hal itu dapat mengakibatkan konsekuensi yang tidak terduga, perusahaan asuransi telah melihat sejumlah kerusakan mesin dan klaim bahan bakar yang terkontaminasi terkait dengan pengenalan bahan bakar minyak rendah belerang dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari langkah untuk mengurangi emisi sulfur oksida. Kerusakan mesin sudah menjadi penyebab klaim terbesar keempat berdasarkan frekuensi dan nilai.

  • Dampak invasi Rusia ke Ukraina

Industri perkapalan telah terpengaruh dengan hilangnya nyawa dan kapal di Laut Hitam, kapal yang terperangkap di pelabuhan Ukraina yang diblokir, dan beban sanksi yang semakin berat. Meskipun penandatanganan Inisiatif ‘Butir Laut Hitam’ pada Juli 2022 memungkinkan beberapa kapal yang terperangkap di pelabuhan untuk keluar dari zona konflik, yang lain tetap ada.

Nilai penuh dari kapal-kapal yang terperangkap ini tidak jelas, tetapi laporan industri memperkirakan nilainya bisa mencapai US$1 miliar. Berdasarkan beberapa polis asuransi rangka kapal dan kargo, pihak yang diasuransikan mungkin dapat mengklaim kerugian total setelah waktu tertentu berlalu sejak kapal/kargo tersumbat atau terperangkap.

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Bahas Serba-serbi APBN Saat Mengajar Siswa SMA, Kemenkeu Bahas Serba-serbi APBN
Next Post ICAEW Ajak Negara G20 Wujudkan Rekomendasi Kebijakan B20 Indonesia Summit

Member Login

or