Media Asuransi, GLOBAL – Meskipun agen asuransi independen masih merasa puas dengan mitra mereka, kenaikan biaya premi telah membuat hubungan ini semakin renggang.
Menurut Studi Kepuasan Agen Independen AS JD Power 2023 yang dirilis SM hari ini, kepuasan agen secara keseluruhan terhadap perusahaan asuransi baik lini pribadi maupun komersial telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa, melampaui skor rekor tahun 2022.
Dari tahun ke tahun, kepuasan lini pribadi telah mencapai peningkatan signifikan sebesar 17 poin (dalam skala 1.000 poin) dan kepuasan lini komersial meningkat 6 poin. Namun, semakin banyak agen yang membeli polis sebelum perpanjangan klien mereka dan bersedia mengubah polis dengan harga lebih rendah untuk mempertahankan klien, bahkan jika agen puas dengan operator yang ada.
Studi ini dikembangkan bersama dengan Agen & Pialang Asuransi Independen Amerika (IIABA). Laporan ini mengevaluasi perkembangan peran agen independen dalam distribusi asuransi P&C, prospek bisnis umum, strategi manajemen, dan kepuasan keseluruhan terhadap perusahaan asuransi lini pribadi dan komersial di Amerika Serikat.
Direktur senior intelijen bisnis asuransi di JD Power, Stephen Crewdson, mengatakan bahwa operator melakukan tugasnya dengan baik dalam memberikan layanan berkualitas kepada agen dan ini menciptakan keunggulan kompetitif yang besar.
|Baca juga: Studi Pacific Prime Laporkan Kenaikan Premi Global yang Pengaruhi Asuransi Kesehatan Internasional
“Agen lebih bersedia berbisnis dengan operator ketika mereka lebih puas dengan pengalaman mereka. Namun, meningkatnya jumlah agen yang berbelanja polis klien mereka menunjukkan bahwa kenaikan premi merupakan gangguan utama, yang mengancam bahkan merusak hubungan yang sudah terjalin erat. Hal ini memberikan tanggung jawab pada operator untuk menemukan cara memberikan insentif kepada agen agar tetap tinggal dengan menawarkan pengalaman yang dapat membenarkan kenaikan biaya ini,” katanya.
Berikut adalah temuan utama dari studi tahun 2023:
Kepuasan agen melampaui angka tertinggi sebelumnya: Kepuasan keseluruhan di antara agen lini pribadi adalah 774, naik 17 poin dari tahun 2022, sedangkan kepuasan keseluruhan di antara agen lini komersial adalah 762, naik 6 poin dari tahun lalu. Keuntungan terbesar dalam kepuasan melalui jalur komersial adalah pada proses klaim dan dukungan serta komunikasi, sedangkan keuntungan terbesar pada jalur pribadi adalah proses klaim dan komisi.
Kenaikan harga memicu agen untuk berbelanja polis: Meskipun skor kepuasan meningkat, agen menjadi lebih agresif dalam berbelanja polis klien mereka ke operator lain. Lebih dari separuh agen lini pribadi (57%) dan komersial (52%) mengatakan bahwa saat ini mereka lebih proaktif berbelanja untuk klien dibandingkan dua tahun lalu.
Pelayanan dibandingkan insentif: Ketika ditanya mengapa agen melakukan bisnis dengan perusahaan asuransi tertentu, kemudahan penawaran (18% pribadi dan 17% komersial) dan selera risiko yang selaras dengan agensi (13% pribadi dan 15% komersial) adalah dua jawaban yang paling umum. Pengalaman underwriting lebih penting untuk lini komersial (10%) dibandingkan lini personal (5%). Komisi dan insentif (6% pribadi dan 5% komersial) merupakan faktor yang paling tidak penting.
Kekuatan dalam jumlah—pada tingkat tertentu: Meskipun mereka beroperasi secara independen, banyak agen yang menjadi bagian dari aliansi agensi yang pada akhirnya memberi mereka akses yang lebih baik ke lebih banyak operator, akses pembelian yang lebih baik, dan peningkatan dukungan dan komunikasi. Pada titik tertentu, semakin besar aliansinya, semakin banyak agen yang puas dengan perusahaan asuransi, dengan satu pengecualian: aliansi terbesar (US$50 juta+ pendapatan) adalah yang paling tidak puas dari semua grup aliansi (793 untuk lini pribadi dan 755 untuk lini komersial) dan agen kurang puas dibandingkan agen yang tidak tergabung dalam aliansi untuk lini komersial (765).
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News