1
1

Perlu Edukasi dan Literasi dalam Pilih Asuransi Digital bagi Pemula

Gedung kantor pusat IFG Life. | Foto: IFG Life

Media Asuransi, JAKARTA – Kemajuan teknologi telah mendorong perkembangan layanan asuransi digital, sehingga masyarakat dapat dengan mudah membeli asuransi yang diinginkan. IFG Life mengharapkan masyarakat perlu cermat membeli asuransi digital yang sesuai kebutuhan, khususnya bagi pemula dalam memilih asuransi berbasis digital.

Chief Marketing Officer PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) Dowi Benedict Teng menyebutkan perkembangan teknologi telah membawa dampak signifikan di sektor industri asuransi, salah satunya dengan kehadiran asuransi berbasis digital.

“Asuransi digital secara umum tidak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan asuransi konvensional. Perbedaannya ada pada aksesibilitas.  Sekarang masyarakat telah memiliki banyak pilihan asuransi digital yang relatif lebih mudah diakses,” ujar Dowi dikutip dari keterangan resmi, Kamis, 31 Agustus 2023.

Namun selain itu, ada beberapa kelebihan dari asuransi digital yang dapat menjadi pertimbangan masyarakat dalam memilih produk proteksi. Pertama, kemudahan dalam akses yang mencakup pendaftaran dan pengajuan polis, klaim, hingga konsultasi maupun complain. Cukup melalui aplikasi yang disediakan oleh perusahaan asuransi, nasabah bisa mengakses produk asuransi yang diinginkan, kapan saja dan dari mana saja. Tidak perlu datang langsung ke kantor ataupun lewat perantara, sehingga lebih praktis dan cepat.

|Baca juga: IFG Life Bawa Semangat Merah Putih, Luncurkan Produk LifeSERIES

“Kedua, kemudahan dalam melakukan perbandingan produk. Hal ini dikarenakan calon nasabah dapat lebih dulu mengakses dan melakukan riset untuk membandingkan polis-polis yang disediakan perusahaan asuransi dengan lebih mudah,” jelasnya.

Dalam hal ini, lanjut Dowi, calon nasabah dapat melakukan riset lebih dulu dan membandingkan manfaat-manfaat, harga premi, dari berbagai jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu, calon nasabah bisa lebih mudah memilih asuransi digital terbaik sesuai dengan kebutuhannya.

Terakhir, dan tak kalah penting adalah kemudahan melakukan proses klaim. Sebab dengan digitalisasi asuransi, nasabah yang telah memiliki polis bisa melakukan pengajuan klaim secara langsung, memantau perkembangan proses klaim yang sedang berlangsung, hingga menerima klaim. “Oleh karena itu, penting untuk calon nasabah, terutama mereka yang pemula untuk memperhatikan ketiga faktor tadi dalam memilih produk asuransi digital,” paparnya.

IFG Life sendiri, lanjutnya, sejak awal berdiri pada Oktober 2022 telah memfokuskan digitalisasi untuk penyediaan produk dan layanan asuransi bagi para nasabahnya. Selain lewat website, perseroan juga menghadirkan aplikasi Life by IFG sebagai platform digital yang memudahkan masyarakat mengakses produk dan layanan asuransi yang ada. Aplikasi Life by IFG dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store di perangkat telepon genggam.

“Sangat mudah, di Life by IFG nasabah dapat memilih layanan proteksi yang ada, bisa melihat detail polis dan sertifikat IFG Life, bisa melihat tanggal jatuh tempo pembayaran manfaat asuransi, bisa melihat detail polis restrukturisasi yang telah ditransferkan ke IFG Life, bisa melihat daftar layanan kesehatan untuk memanfaatkan polis, bahkan dapat melihat event-event yang dilakukan oleh IFG Life,” tutupnya.

 

Editor: Wahyu Widiastuti

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Asuransi Jasindo Bayarkan Klaim Rp10,3 Miliar kepada Semen Tonasa
Next Post Media Asuransi Harus Berperan Kembalikan Citra Baik Industri Asuransi

Member Login

or