Media Asuransi, GLOBAL – Fitch Ratings menyatakan hasil yang lebih baik dan menguntungkan pada pertengahan tahun 2024 dari perusahaan asuransi mobil pribadi AS kemungkinan akan berlanjut hingga akhir tahun 2024 dan hingga tahun 2025, karena beberapa putaran kenaikan harga material dan moderasi tren keparahan klaim telah sangat meningkatkan pijakan laba segmen tersebut.
Namun, kembalinya profitabilitas underwriting segmen dapat menyebabkan pergerakan harga yang tiba-tiba mendatar ke depannya. “Kinerja underwriting yang lebih baik pada akhirnya akan menyebabkan tekanan kompetitif dan penolakan dari pemegang polis dan regulator untuk kenaikan harga lebih lanjut,” tulis Fitch dalam keterangan resmi dikutip, Sabtu, 17 Agustus 2024.
Perusahaan yang tertinggal dalam pembalikan hasil otomotif, termasuk beberapa perusahaan asuransi mutual besar, mungkin menghadapi kesulitan dalam mengambil tindakan penetapan harga yang diperlukan, sementara juga mempertahankan pemegang polis dalam lingkungan yang lebih kompetitif.
|Baca juga: Perusahaan Asuransi AS sedang Mengupayakan Kenaikan Tarif Properti dan Liability
Kemajuan kinerja ini merupakan elemen kunci di balik prospek sektor Fitch yang membaik saat ini pada sektor asuransi lini pribadi AS. Periode panjang laba otomotif yang lebih baik akan membantu beberapa perusahaan yang terkena dampak penurunan laba yang substansial pada tahun 2022 dan 2023 untuk memulihkan kecukupan modal ke level sebelumnya.
Pengajuan GAAP untuk grup yang terdiri dari sembilan perusahaan asuransi publik yang melaporkan hasil segmen otomotif pribadi triwulanan menunjukkan bahwa rasio gabungan segmen (CR) agregat semester I/2024 turun tajam menjadi 89%, dibandingkan dengan 100% pada semester I/2023 dan 101% pada semester I/2022.
Hampir semua operator dalam grup ini melaporkan peningkatan CR 10 poin atau lebih baik dari tahun ke tahun. Hasil yang sangat kuat yang patut dicatat meliputi Progressive Corporation (PGR; 87% CR segmen) dan GEICO (82%), masing-masing penulis otomotif terkemuka kedua dan ketiga di negara ini. Hanya Hartford Financial Services Corp, dan Cincinnati Financial Corporation dari sembilan perusahaan yang melaporkan CR segmen di atas 100% untuk semester I/2024.
|Baca juga: Pasar Asuransi Kendaraan Bermotor Inggris Bakal Hadapi Tantangan Besar, Apa Itu?
Fitch mencatat tren keparahan kerugian otomotif pribadi mereda setelah lebih dari dua tahun peningkatan tajam yang dimulai pada semester II/2021 dari rantai pasokan terkait pandemi dan gangguan pasar tenaga kerja. Inflasi umum yang lebih tinggi juga telah sangat meningkatkan biaya untuk suku cadang dan komponen mobil, perbaikan, biaya medis, dan kendaraan bekas.
Perusahaan asuransi otomotif besar melaporkan penurunan signifikan dalam tingkat keparahan klaim otomotif pada pertengahan tahun 2024. Tingkat keparahan klaim otomotif pribadi PGR turun menjadi 1% pada semester pertama 2024 dari 11% pada periode tahun sebelumnya. Tingkat keparahan kerugian GEICO atas klaim kerusakan fisik turun menjadi 8%-10% pada semester pertama 2024 dari 21%-23% pada semester pertama 2023.
Sementara itu, peningkatan tajam berturut-turut dalam tarif premi otomotif merupakan pendorong utama lainnya untuk peningkatan underwriting baru-baru ini. Menurut data CPI, biaya asuransi kendaraan bermotor telah meningkat sebesar 50% secara total untuk periode tiga tahun Juli 2021 hingga Juli 2024. Kenaikan harga menunjukkan sedikit tanda-tanda moderasi dengan peningkatan 19% YoY pada Juli 2024 dibandingkan dengan perubahan 22% pada Maret 2024.
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News