1
1

Prudential Plc: Indonesia Raih Penjualan APE Tertinggi di ASEAN, Tumbuh 42 Persen

Perusahaan group asuransi global Prudential Plc. | Foto: prudential.co.id

Media Asuransi, GLOBAL – Prudential Plc dalam laporannya mengatakan bahwa bisnis asuransinya yang berada di kawasan ASEAN kini berhasil mencapai posisi terdepan dan dengan kekuatan waralaba distribusi multi-saluran yang terdiversifikasi.

“Konsumen di Asia tetap tangguh meskipun dalam kondisi yang penuh tantangan. Meskipun prospek pasar Asia beragam, momentum kami di semester pertama berlanjut hingga kuartal ketiga,” ujar CEO Prudential Plc, Anil Wadhwani, dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis, 31 Agustus 2023.

Dari 5 negara ASEAN yang memiliki penjualan annual premium equivalent (APE) tertinggi di semester I/2023, Indonesia berhasil menjadi pemegang penjualan tertinggi yang tumbuh 42 persen dengan laba bisnis baru sebesar 11 persen di semester I/2023. Selain itu, Indonesia juga memiliki net promoter terkemuka di bisnis konvensional dan Takaful.

Penjualan APE tertinggi kedua diraih oleh Filipina yang mampu mengembangkan penjualan sebesar 13 persen di semester I/2023. Performa yang baik tersebut dibarengi dengan pertumbuhan kuat pada agen aktif dan laba bisnis baru.

|Baca juga: Prudential Plc Bukukan Kenaikan Laba Bisnis Baru 39 Persen di Semester I/2023

Kemudian, Malaysia menduduki posisi ketiga, dengan peningkatan penjualan APE sebesar 12 persen dan laba bisnis baru sebesar 11 persen. Selain itu, Malaysia juga memiliki skor net promoter terkemuka di bisnis konvensional dan Takaful. Di sisi lain, Singapura menunjukkan kinerja penjualan APE yang menurun sebanyak 3 persen, dan laba bisnis baru turun 20 persen.

Penurunan juga dialami oleh penjualan APE di Vietnam yang terkoreksi 18 persen, namun demikian penjualan APE keagenan naik 34 persen. Di sisi lain penjualan industri turun 31 persen yang sebagian besar disebabkan oleh melemahnya saluran bancassurance.

Beralih ke Asia Selatan, di India terdapat momentum yang kuat dan pertumbuhan yang berkualitas tinggi, laba bisnis baru di negara ini meningkat pada semester pertama, mencerminkan pertumbuhan penjualan APE sebesar 15 persen dan peningkatan marjin. Penjualan APE keagenan tumbuh 29 persen, dengan lebih dari 17.000 agen baru yang direkrut dan lebih dari 100 mitra distribusi baru yang diperoleh.

Di Afrika, Prudential menghasilkan kinerja yang kuat dengan peningkatan laba bisnis baru yang mencerminkan pertumbuhan berbasis luas di semua saluran dan kedelapan pasar Afrika mencatat pertumbuhan penjualan APE sebesar dua digit. 

Secara keseluruhan, Afrika mencatat pertumbuhan penjualan APE sebesar 31 persen dan peningkatan jumlah agen aktif sebesar 18 persen sejak periode yang sama di tahun sebelumnya. Afrika memiliki lebih dari 220 anggota yang memenuhi syarat untuk mendapatkan status ‘meja bundar jutaan dolar’ pada tahun 2022.

Di Eastspring, dana kelolaan meningkat menjadi US$228 miliar, yang mencerminkan arus masuk bersih sebesar US$3,3 miliar (tidak termasuk dana pasar uang dan penebusan bersih dari dana yang dikelola atas nama M&G plc) dan pergerakan pasar yang positif.  Selain itu, laba operasional naik 14 persen menjadi US$146 juta.

Perlu diketahui, secara global, pertumbuhan laba bisnis baru Prudential Plc naik 39 persen di semester I/2023, atau menjadi US$1,489 juta.

Begitupula dengan penjualan APE secara global di semester I/2023 yang juga mengalami surplus 42 persen atau menjadi US$3,027 juta. Di sisi lain, surplus bebas operasional yang dihasilkan dari bisnis asuransi dan manajemen aset turun dua persen, atau menjadi US$1,438 juta. 

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Howden Group Akuisisi Pialang Asuransi Curtis Marine
Next Post Perusahaan Asuransi AS Bersiap untuk Klaim Idalia, UBS Perkirakan Biaya US$9,36 Miliar di Florida

Member Login

or