1
1

Raincoat Dapat Suntikan Dana sebesar US$6,5 juta

Ilustrasi. | Foto: Freepik

Media Asuransi, GLOBAL – Raincoat, perusahaan rintisan yang mengembangkan solusi asuransi iklim hari ini mengumumkan tambahan dana senilai US$6,5 juta sehingga totalnya hingga saat ini meningkat menjadi $11 juta. 

Putaran pendanaan dipimpin oleh TwoSigma Ventures, bersama dengan perusahaan VC yang berbasis di Eropa Mundi Ventures, Revolution’s Rise of the Rest Seed Fund dan EleFund. 

Putaran modal ini akan mendukung ekspansi perusahaan ke pasar baru untuk menyediakan layanan seperti FEMA –jauh lebih cepat daripada solusi darurat yang ada– setelah bencana tertentu seperti angin topan dan gempa bumi di Karibia, Meksiko, dan Pantai Teluk, kebakaran hutan di barat, dan ancaman seperti banjir, kekeringan, dan hujan lebat di Kolombia dan Brasil. 

Pendanaan ini akan terus mempercepat inovasi dalam industri yang menginginkan solusi baru dan untuk melindungi lebih dari 3 miliar orang dan 120 juta bisnis yang berisiko terkena dampak bencana alam.

|Baca juga: Insurtech Raincoat Raih Pendanaan US$4,5 Juta untuk Perluas Asuransi Bencana Iklim

Dalam waktu kurang dari setahun, Raincoat telah memberikan perlindungan bantuan bencana kepada ribuan individu dan keluarga dengan pembayaran yang berhasil dilakukan di semua pasar aktif mereka. Saat ini, Raincoat diposisikan sebagai startup insurtech dengan pertumbuhan tercepat yang bertujuan untuk menciptakan kembali industri dengan memungkinkan pembayaran segera setelah bencana iklim dan menawarkan pertanggungan untuk kerugian yang biasanya dikecualikan oleh perusahaan asuransi tradisional. 

Model asuransi parametrik Raintcoat memungkinkan saluran distribusi untuk menawarkan perlindungan terhadap terjadinya peristiwa tertentu dengan parameter tetap, seperti besarnya peristiwa, alih-alih besarnya kerugian yang terjadi. Raincoat bekerja sama dengan lembaga keuangan, pemerintah, dan perusahaan asuransi untuk menerapkan produk end-to-end otomatis untuk melindungi individu dan usaha kecil yang terkena dampak bencana alam ini.

Data terbaru melaporkan bahwa total kerugian akibat bencana alam, termasuk yang tidak ditanggung oleh asuransi, adalah US$270 miliar pada tahun 2022. Itu turun dari sekitar US$320 miliar pada tahun 2021 dan mendekati rata-rata lima tahun sebelumnya.

CEO Raincoat, Jonathan González, mengatakan bahwa pihaknya berharap dapat mendorong batas dari apa yang mungkin dan membawa teknologi perseroan ke lebih banyak komunitas berkat putaran modal baru ini. “Asuransi harus ada untuk melindungi Anda, dan ekspektasi pembayaran setelah bencana seharusnya tidak menimbulkan kecemasan, melainkan membawa kemudahan,” katanya, dikutip dalam laman PR News, Selasa, 27 Juni 2023.

|Baca juga: Asuransi Kin Menutup Asuransi Bencana senilai US$100 Juta

Gonzalez menambahkan bahwa inovasi ini diperuntukan bagi generasi sekarang dan mendatang, semoga dapat bekerja sama dengan lebih banyak pemain lokal dan internasional untuk mewujudkannya. Raincoat didirikan sebagai tanggapan setelah Badai María, yang melanda Puerto Riko pada tahun 2017, dan menghancurkan ribuan rumah dan bisnis serta menyebabkan jutaan orang tanpa listrik dan air selama berbulan-bulan. 

Penduduk setempat, termasuk keluarga para pendiri, menunggu proses klaim yang lamban dan birokratis hanya untuk ditolak beberapa bulan setelah mengajukannya. Tiga tahun kemudian, Puerto Rico sendiri memiliki US$1,6 miliar klaim asuransi yang belum dibayar.

Mitra di Two Sigma Ventures, Colin Beirne, mengatakan bahwa bencana iklim sekarang terjadi dengan frekuensi dan intensitas yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Sedang industri asuransi saat ini, berdasarkan penyesuaian klaim manual yang membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk diproses, tidak dapat menyesuaikan skala untuk menyesuaikan dengan risiko yang berkembang. 

“Dunia membutuhkan inovasi, solusi berbasis data yang dapat diskalakan seperti Raincoat untuk membuat bisnis dan keluarga lebih tangguh,” kata Beirne.

Mitra Umum di Mundi Ventures, Moisés Sánchez, menambahkan bahwa berinvestasi di Raincoat merupakan peluang strategis untuk memanfaatkan potensi transformatif dari asuransi parametrik. Setelan kuat Raincoat memposisikan mereka sebagai pemain terkemuka di industri ini. “Penawaran mereka akan solusi yang sepenuhnya otomatis untuk mengatasi risiko iklim dalam skala besar membedakan mereka di ruang ini,” katanyaz. 

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Hub International Perpanjang Masa Jatuh Tempo Utang Hingga 2030
Next Post AM Best: Perusahaan Asuransi Kesehatan Laporkan Kinerja Positif Pasca-Pandemi

Member Login

or