Media Asuransi, GLOBAL – Lula, startup insurtech mengumumkan telah berhasil mengumpulkan US$35,5 juta dalam putaran pendanaan Seri B.
Putaran pendanaan dipimpin oleh NextView Ventures dan Khosla Ventures, dengan partisipasi dari Founders Fund, Steve McLaughlin, pendiri dan mitra pengelola Financial Technology Partners, Steve Pagliuca, Co-Chair Bain Capital dan Co-Owner Boston Celtics, dan Plug dan Play Ventures.
Lula dengan cepat berevolusi dari solusi berbasis API menjadi platform asuransi komprehensif yang bertujuan untuk mengurangi premi asuransi dan biaya terkait asuransi untuk semua ukuran bisnis. Platform ini menawarkan berbagai alat, termasuk manajemen risiko, manajemen klaim, manajemen polis, dan akses ke pertanggungan asuransi.
Sejak pengumuman pendanaan terakhirnya pada tahun 2021, Lula telah mencapai pertumbuhan basis pelanggan yang luar biasa. Jumlah pelanggan perusahaan telah melonjak dari 99 perusahaan pada Februari 2022 menjadi total hampir 4.000 perusahaan pada Juli 2023.
|Baca juga: Pendanaan Baru Insurtech Global Turun 61,9 Persen
Ekspansi ini menunjukkan pengaruh Lula yang semakin besar di sektor teknologi asuransi dan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan bisnis di berbagai industri.
Investor Utama dan Mitra Pendiri, Lee Hower mengatakan, kami telah bekerja sama dengan Michael dan Matthew sejak awal Lula pada awal 2020 dan dengan kecocokan produk-pasar mereka yang sempurna dan tim pendiri yang tangguh, mereka siap untuk menjadi pemimpin pasar yang tak terbantahkan.
“Solusi insurtech mereka yang terukur membuat keputusan kami untuk meningkatkan investasi menjadi mudah, dan kami dengan senang hati melanjutkan dukungan kami untuk perusahaan,” kata Lee Hower, dikutip dari keterangan resminya, Jumat 4 Agustus 2023.
Pendapatan bulanan perusahaan telah berlipat ganda 20 kali lipat sejak Februari 2022. Pencapaian finansial yang luar biasa ini mencerminkan kepercayaan dan keyakinan yang telah ditempatkan oleh bisnis pada platform asuransi Lula.
Perusahaan ini bekerja dengan persewaan mobil, perusahaan truk dan logistik, dan platform berbagi mobil. Pelanggan dan mitra termasuk Kyte, Turo, dan Negara Bagian.
Pendanaan baru Lula akan digunakan untuk berekspansi ke pasar baru di luar ruang “roda”, sambil terus memperluas penawarannya ke basis pelanggannya yang terus berkembang. Pada akhirnya, Lula bertujuan untuk mengatasi kesenjangan asuransi global di mana kurang dari 10% populasi dunia memiliki akses ke produk asuransi.
Platform asuransi komprehensif Lula memberdayakan perusahaan dengan menyediakan infrastruktur penting untuk mengelola operasi terkait asuransi. Penawaran platform meliputi pemeriksaan pelanggan, deteksi penipuan, pemeriksaan riwayat pengemudi, manajemen polis, dan penanganan klaim melalui kemitraan dengan penyedia asuransi terpercaya. Dengan memanfaatkan layanan Lula, bisnis di sektor-sektor seperti penyewaan mobil, angkutan truk dan logistik, platform berbagi mobil, dan lainnya dapat merampingkan proses asuransi mereka dan mengurangi biaya.
Co-Founder, Lula, Matthew Vega-Sanz mengatakan, misi Lula adalah membuat asuransi dapat diakses oleh setiap orang, dan bisnis, di seluruh dunia.
“Perusahaan kami didirikan dengan tujuan eksplisit untuk menghilangkan titik sakit dan efisiensi operasional yang telah lama mengganggu industri asuransi dan kami sangat bangga berhasil memenuhi misi ambisius ini,” ujar Matthew Vega-Sanz.
Michael Vega-Sanz menambahkan, saat ini, kurang dari 10% populasi dunia memiliki akses ke penawaran asuransi. “Pendanaan ini akan memungkinkan kami untuk membangun dan memperluas lebih lanjut sehingga kami dapat terus menyediakan produk asuransi terbaik di kelasnya di pasar,” tambahnya.
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News