Media Asuransi, JAKARTA – Asuransi Zurich Asia Pasifik mengumumkan peluncuran ‘Zurich Edge Assist’, modul penjualan dan layanan perbantuan baru dari Zurich Edge Platform. Dirancang khusus melalui kolaborasi dengan agen dan broker, Zurich Edge Assist memberdayakan mitra distribusi serta tim penjualan, layanan, dan klaim Zurich dengan cara yang lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih terhubung untuk memaksimalkan kinerja dan memberikan pengalaman nasabah yang lebih baik.
Zurich Edge Assist menyatukan penjualan, layanan, dan klaim di seluruh kanal digital dan offline ke dalam satu tampilan yang mudah digunakan. Hal ini menghilangkan proses serah terima manual dan mengurangi duplikasi. Sehingga memungkinkan mitra distribusi untuk fokus pada hal terpenting: memberikan saran yang dipersonalisasi kepada nasabah.
Dengan pemantauan aktivitas nasabah secara real-time, setiap calon nasabah dan interaksi dilacak dan diprioritaskan, sehingga tidak ada peluang penjualan yang terlewat dan setiap nasabah menerima layanan yang konsisten dan berkualitas tinggi.
|Baca juga: Perkuat Bisnis di Asia Pasifik, Zurich Insurance Tunjuk 2 Bos Baru
Zurich Edge Assist merupakan platform terpadu yang dapat digunakan oleh pengguna internal maupun eksternal, berfungsi sebagai pusat layanan yang komprehensif, dengan akses dan fitur yang disesuaikan berdasarkan peran masing-masing pengguna. Sistem yang terintegrasi membantu mempercepat proses rujukan underwriting dan alur kerja operasional, memastikan nasabah mendapatkan pengalaman terbaik di setiap tahap perjalanan asuransi mereka.
Fitur Utama Zurich Edge Assist
Zurich Edge Assist menghadirkan serangkaian fitur tangguh yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas mitra distribusi dan keterlibatan nasabah. Sebagian sudah tersedia sekarang, dan lainnya masih dalam tahap pengembangan sebagai bagian dari rencana ke depan.
- Retensi Prospek yang Lebih Cerdas (Tersedia Sekarang)
Secara otomatis memprioritaskan dan membagikan penawaran harga dan interaksi nasabah kepada tim yang tepat, memungkinkan tindak lanjut yang lebih cepat dan memaksimalkan peluang penjualan.
- Tampilan Lengkap Nasabah (Tersedia Sekarang)
Menyediakan tampilan 360 derajat profil dan polis nasabah, dengan sinkronisasi data real-time di seluruh saluran. Hal ini memastikan mitra distribusi dapat melanjutkan percakapan tanpa perlu meminta nasabah mengulangi informasi.
- Komisi dan Pembayaran yang Fleksibel (Tersedia Sekarang)
Mendukung berbagai struktur komisi dan opsi pembayaran, memberikan mitra distribusi fleksibilitas untuk menyesuaikan dengan beragam strategi penjualan dan preferensi nasabah.
- Pelacakan Tugas yang Disederhanakan (Dalam Pengembangan)
Dasbor yang dipersonalisasi dan fungsi catatan harian terintegrasi akan memungkinkan agen untuk mengatur janji temu, tugas, dan tindak lanjut dari satu tampilan yang ringkas.
|Baca juga: Zurich Insurance Kukuh Kurangi Emisi Karbon dari Operasional Bisnis, Caranya?
Platform ini dirancang dengan arsitektur multi-pasar dan multi-produk, sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pasar lokal dan mendukung beragam solusi asuransi. Teknologi ZEP yang sepenuhnya berbasis cloud dan API yang tersedia memungkinkan integrasi yang fleksibel bagi para mitra. Baik melalui koneksi API dengan portal agen dan sistem perbankan, maupun melalui solusi white–label, platform ini mendukung proses integrasi yang mudah dengan sistem yang sudah ada, mempercepat implementasi dan memastikan pengalaman yang konsisten di berbagai saluran dan pasar.
Zurich Edge Assist telah diluncurkan di Indonesia, dengan agen individu dan agen perjalanan sebagai pengguna awal platform ini. Ini merupakan langkah awal dari roadmap yang lebih luas dengan rencana ekspansi ke pasar lain, seperti India, Jepang, dan Malaysia, serta pengembangan produk dan fitur tambahan hingga akhir 2025 dan berlanjut ke 2026.
Head of Customer & Digital, Asia Pacific, Zurich Insurance, Roopa Malhotra, mengatakan bahwa Zurich Edge Assist mencerminkan komitmen Zurich terhadap keunggulan digital dan fokus pada nasabah. “Dengan menghubungkan pengalaman online dan offline, kami membantu mitra distribusi untuk memberikan pilihan serta solusi asuransi yang lancar dan personal di berbagai pasar dan lini produk,” katanya.
Sementara itul Country Manager Zurich Indonesia, Edhi Tjahja Negara, menambahkan bahwa melalui Zurich Edge Assist, pihaknya mempercepat kemampuan distribusi dengan menyatukan agen, mitra digital, dan kontak langsung dengan nasabah dalam satu ekosistem. “Ini merupakan langkah besar dalam menghadirkan pengalaman asuransi yang lebih responsif, personal, dan inovatif,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis, 13 November 2025.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
