1
1

10 Stasiun KA Jarak Jauh dengan Volume Penumpang Tertinggi Selama Periode Nataru

Jelang libur panjang KAI sediakan kereta tambahan | Foto: Media Asuransi/Lucky

Media Asuransi, JAKARTA – Pada periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), yaitu dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI mencatatkan 10 stasiun keberangkatan dan kedatangan dengan volume penumpang tertinggi.

|Baca juga: KAI Group Catat Peningkatan Layanan Kereta Api Naik 6,07% Saat Libur  Nataru

Berikut 10 Stasiun KA JJ Penumpang Naik Tertinggi:

  1. Pasar Senen: 280.019 Penumpang
  2. Yogyakarta: 209.285 Penumpang
  3. Gambir: 195.907 Penumpang
  4. Surabaya Gubeng: 111.920 Penumpang
  5. Bandung: 108.833 Penumpang
  6. Surabaya Pasar Turi: 108.145 Penumpang
  7. Lempuyangan: 107.850 Penumpang
  8. Semarang Poncol: 104.529 Penumpang
  9. Semarang Tawang: 101.429 Penumpang
  10. Purwokerto: 99.881 Penumpang

|Baca juga: 333 Juta Penumpang Manfaatkan Layanan Kereta Api di Jabodetabek

Berikut 10 Stasiun KA JJ Penumpang Turun Tertinggi:

  1. Pasar Senen: 244.820 Penumpang
  2. Yogyakarta: 194.534 Penumpang
  3. Gambir: 185.237 Penumpang
  4. Bandung: 109.570 Penumpang
  5. Surabaya Gubeng: 108.921 Penumpang
  6. Lempuyangan: 101.594 Penumpang
  7. Surabaya Pasar Turi: 100.241 Penumpang
  8. Purwokerto: 96.572 Penumpang
  9. Semarang Poncol: 94.528 Penumpang
  10. Semarang Tawang: 93.859 Penumpang

|Baca juga: Tiket Whoosh Diskon 20%

Selama periode Nataru, KAI mencatat peningkatan penjualan dengan total penjualan tiket kereta api jarak jauh (KA JJ) dan lokal yang mencapai 3.717.260 penumpang. Sedangkan untuk KA Lokal, tercatat 711.384 tiket terjual dengan tingkat okupansi sebesar 89 persen dari total tempat duduk yang disediakan (801.724 tiket).

Dari data tersebut ada peningkatan volume penumpang sebesar 4,58 persen dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama yaitu 19 Desember 2023 hingga 5 Januari 2024 yang tercatat melayani sebanyak 3.554.482 penumpang.

“Hal ini menunjukkan bahwa tren peningkatan penggunaan layanan kereta api terus berlanjut, khususnya selama periode libur Nataru,” ungkap Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, dikutip dari keterangannya, Kamis, 9 Januari 2025.

Pada sisi operasional, KAI juga berhasil mempertahankan On Time Performance (OTP) Keberangkatan yang sangat baik, yakni 99,5 persen, angka yang sama tercatat tahun 2023. Sedangkan untuk OTP Kedatangan, terdapat peningkatan 0,31 persen, mencapai 97,8 persen dari sebelumnya 97,5 persen pada 2023. “Angka ini mencerminkan komitmen KAI dalam menjaga ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta api,” tambah Anne.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post OJK Tetapkan Saham PT Bangun Kosambi Sukses Tbk sebagai Efek Syariah
Next Post Bangun Superkomputer, Pemerintah Belanda Gandeng Nvidia

Member Login

or