Media Asuransi, JAKARTA – Sejak diluncurkan secara komersial, moda transportasi cepat Whoosh telah melayani lebih dari 9,1 juta penumpang. Berdasarkan data, sekitar 15 persen atau 1,3 juta dari total penumpang tersebut merupakan individu berusia di atas 60 tahun, yang menandakan tingginya minat dari kalangan lansia untuk menggunakan oleh layanan Whoosh.
General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunia, mengatakan bahwa banyak penumpang lansia memilih Whoosh karena durasi perjalanan yang singkat. Hal tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan banyak lansia yang cenderung mudah merasa lelah jika melakukan perjalanan jauh dan perjalanan yang lama.
|Baca juga: KCIC Hadirkan Program Edukasi Naik Whoosh Diskon Hingga 50%
“Perjalanan dari Jakarta ke Bandung yang kini hanya membutuhkan waktu 30 menit dengan Whoosh, menjadi solusi ideal bagi lansia yang kesulitan menempuh perjalanan panjang karena berbagai kondisi. Pelayanan yang didukung oleh SDM profesional serta kelengkapan sarana dan prasarana, baik di kereta maupun di stasiun, semakin memastikan bahwa kebutuhan penumpang lansia dapat terpenuhi dengan baik sepanjang perjalanan,” ujar Eva dalam keterangan resminya, Rabu, 7 Mei 2025.
Whoosh menawarkan fasilitas yang sangat lengkap dan ramah bagi lansia. Seluruh lantai stasiun terhubung dengan lift dan eskalator untuk memberikan kenyamanan penumpang dalam berpindah area.
|Baca juga: Satu Tahun Kinerja KCIC
Untuk setiap rangkaian Whoosh tersedia 32 kursi prioritas yang ditandai secara khusus dan dapat dialihkan kepada penumpang lansia sesuai arahan petugas. Kursi-kursi ini ditempatkan di setiap ujung kereta untuk memudahkan mobilitas penumpang saat masuk maupun keluar dari kereta.
Terdapat 64 petugas pelayanan terlatih di seluruh stasiun untuk memastikan kebutuhan penumpang prioritas dapat terpenuhi dengan optimal. Mereka bertugas untuk membantu sesuai kebutuhan penumpang prioritas termasuk lansia. KCIC juga menyediakan sejumlah kursi roda di setiap stasiun yang dapat dimanfaatkan penumpang lansia yang membutuhkan.
Eva menambahkan, pada hari biasa, permintaan pendampingan mencapai sekitar 60 penumpang lansia per hari, sedangkan pada akhir pekan jumlahnya meningkat hingga 100 permintaan pendampingan per hari.
“Angka ini mencerminkan tingginya kepercayaan dan minat penumpang lanjut usia terhadap moda transportasi cepat yang nyaman, aman, dan ramah lansia ini,” ujarnya.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News