Media Asuransi, JAKARTA – Berdasarkan analisis perilaku pengguna selama periode libur Lebaran 2025, AirAsia MOVE merangkum tren perjalanan terbaru sekaligus berbagi tips perencanaan liburan yang efisien dan relevan dengan kebiasaan wisatawan masa kini.
Marketing Manager AirAsia MOVE Indonesia Amelia Virginia mengungkapkan menyambut musim liburan sekolah, aplikasi perjalanan AirAsia MOVE siap mengakomodasi lonjakan minat wisata masyarakat di lintas Asia Tenggara.
“Data internal kami menunjukkan destinasi seperti Penang, Bali, Bangkok, dan Manila menjadi pilihan favorit untuk liburan sekolah mendatang. Ini menandakan tingginya minat terhadap destinasi regional yang ramah untuk keluarga dan pasangan,” kata Amelia, dikutip dari keterangan resminya, Minggu, 25 Mei 2025.
|Baca juga: 5 Instrumen Investasi yang Cocok untuk Pemula
|Baca juga: 5 Ide Liburan Singkat Dekat Jakarta Tanpa Perlu Cuti Panjang
Ia menambahkan saat ini para traveler semakin selektif dalam mempertimbangkan harga dan kenyamanan, sambil mengoptimalkan manfaat dari program loyalitas. “Oleh sebab itu, misi kami adalah membuat seluruh proses perjalanan menjadi lebih mudah diakses dan terjangkau bagi segala kalangan,” tukasnya.
Lebih lanjut, berikut tren perjalanan dan tips dari AirAsia MOVE:
1. Pesan lebih awal untuk harga terbaik
Lebih dari 65 persen pengguna melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel dalam waktu 30 hari sebelum keberangkatan untuk libur Lebaran lalu. Data ini menunjukkan kecenderungan pengguna untuk memesan di menit-menit terakhir, yang dapat berisiko terhadap harga dan ketersediaan. AirAsia MOVE menyarankan agar merencanakan perjalanan sedini mungkin demi mendapatkan pilihan terbaik, utamanya di tengah musim puncak liburan.
2. Pemesanan multi maskapai dorong perjalanan internasional
Selama musim Lebaran, total jarak penerbangan yang ditempuh seluruh pengguna AirAsia MOVE mencapai 684 juta kilometer, atau setara dengan mengelilingi bumi sekitar 17 ribu kali. Dari sisi durasi, total waktu penerbangan tercatat hingga 67 juta menit di udara, kira-kira sama dengan memutar lebih dari 22 juta lagu nonstop.
3. Gunakan AirAsia points dan promo untuk perjalanan yang lebih hemat
Selama periode Lebaran, pengguna AirAsia MOVE mengumpulkan lebih dari 360 juta AirAsia points, dengan rata-rata penukaran setara Rp230 ribu per transaksi. Poin ini bisa digunakan untuk pembelian tiket pesawat, hotel, hingga belanja produk bebas bea (duty-free) di dalam aplikasi.
|Baca juga: CEO Privy Ungkap Tanda Tangan Digital Jadi Fondasi Keamanan Transaksi Elektronik
|Baca juga: 9 Hal yang Wajib Diketahui Nasabah saat Membeli Asuransi Kesehatan dan Jiwa
4. Liburan favorit: Bersama pasangan atau keluarga
Sebanyak 71 persen pemesanan hotel merupakan kamar tipe dua orang, dengan rata-rata pengeluaran mencapai Rp1,1 juta per malam. Sementara itu, mayoritas wisatawan berasal dari kelompok usia Milenial dan Gen X (24–55 tahun), yang mencerminkan dominasi traveler yang telah berkeluarga atau bepergian bersama pasangan.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News