Media Asuransi, JAKARTA – Selama 16 tahun berkarya, Sampoerna Retail Community (SRC) telah mendorong peningkatan daya saing UMKM melalui pembinaan berkelanjutan. Anggota SRC mengalami peningkatan omzet sebesar 42 persen setelah bergabung dengan SRC.
Direktur SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) Romulus Sutanto mengatakan inovasi dan kreativitas juga meningkat dengan 77 persen toko SRC memperluas jenis usahanya seperti penjualan produk digital dan jasa pembayaran. Ekosistem SRC di Indonesia terus mendorong pembangunan kebiasaan baik dan semangat maju melalui Gerakan 1 Hari 1 Upaya 1 Capaian.
Gerakan ini bertujuan memperkuat nilai dan karakter pemilik toko SRC dan mengembangkan kekuatan jaringan toko kelontong SRC sebagai komunitas UMKM yang meningkat omzetnya dan berkembang tokonya.
Dalam riset yang dilakukan salah satu media nasional, kontribusi SRC bagi perekonomian nasional tercatat mencapai Rp236 triliun pada 2022, setara dengan 11,36 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) retail nasional.
|Baca juga: Presiden Komisaris Asuransi MAG Meninggal Dunia
Ekonom Senior dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi menekankan pentingnya pendampingan dan pembinaan UMKM oleh SRC.
“SRC sudah ada selama 16 tahun, artinya sudah berjalan secara berkesinambungan. Apa yang dilakukan SRC harus jadi contoh bagi yang lain dalam pengembangan UMKM,” kata Fithra, dikutip dari keterangan resminya, Selasa, 28 Mei 2024.
Pemilik Toko SRC, Partiningsih, menyampaikan bahwa pendampingan SRC membawa perubahan positif bagi dirinya dan toko miliknya. “Pembinaan dari SRC dilakukan dengan pendekatan yang sangat humanis dan seperti sahabat, sehingga tumbuh keinginan belajar dan bertumbuh dalam diri saya untuk makin maju bersama SRC,” kata Ningsih.
Dengan dukungan SRC, toko-toko kelontong di Indonesia terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional, masyarakat, dan keluarga pemilik toko.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News