Media Asuransi, GLOBAL – Risk Strategies John Mina mengatakan, dengan pasar asuransi yang terus berubah dan meningkatnya kekhawatiran seputar perubahan iklim, masalah geopolitik, dan teknologi baru, industri ini perlu memikirkan lebih lanjut tentang apa yang dapat terjadi jika tidak ada akses ke asuransi.
“Penting untuk memikirkan ke mana arah industri ini dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan dan seterusnya. Namun, sangat relevan juga untuk memberi saran kepada klien tentang apa yang dapat terjadi jika Anda tidak memiliki asuransi. Bagaimana Anda melindungi diri Anda sendiri?” ujar John Mina dikutip dari Reinsurance News, Rabu, 6 Desember 2023.
Di tengah industri asuransi dalam keadaan pasar yang sulit, dan perusahaan asuransi memilih menarik diri dari ruang-ruang tersebut, hal ini membuat klien memiliki lebih sedikit pilihan, kata Mina. Selain itu, pasar yang sulit ini tidak seperti pasar yang lain.
Secara historis, modal baru masuk ke dalam industri ini untuk mengisi kembali, dan kemudian suku bunga kembali turun dan terjadi kebangkitan. Namun hal itu tidak terjadi saat ini. Pasar yang sulit saat ini lebih lama dari yang sebelumnya, dan kami tidak melihat banyak modal baru yang masuk ke dalam bisnis ini.
“Efek kekosongan tidak terisi secepat yang pernah terjadi sebelumnya. Saat itulah saya mengatakan kepada klien bahwa sekaranglah saatnya kita harus mulai memikirkan apa yang terjadi jika Anda tidak bisa mendapatkan asuransi yang cukup. Oleh karena itu, kami perlu melihat setiap opsi,” ujarnya.
Mina telah mengamati bahwa captive telah menjadi bagian besar dari bisnis mereka. Faktanya, 10% dari bisnis Risk Strategies berada di bidang captive, dan saat ini merupakan segmen dengan pertumbuhan tercepat di perusahaan dalam hal pertumbuhan organik secara keseluruhan.
Hal ini, merupakan tanda yang jelas bahwa klien mencari solusi di luar pasar asuransi pengalihan risiko tradisional.
“Nasabah mencari berbagai pilihan untuk mempertahankan risiko dan mengelolanya, serta bagaimana mempersiapkan masa depan jangka panjang mereka. Saya rasa kita perlu bertanya: Apa yang kita pikirkan tentang masa depan asuransi? Terutama jika perusahaan asuransi kurang bersedia untuk masuk ke dalam beberapa ruang ini,” kata Mina.
Menurutnya industri harus waspada dan memastikan bahwa kita menemukan solusi untuk menyediakan asuransi yang sesuai untuk klien kita dan yang dapat mendukung bisnis.
“Bisnis kami adalah bisnis semua orang. Dunia di sekitar kita berkembang dengan sangat cepat, baik itu teknologi atau undang-undang atau politik; dunia tidak menjadi lebih kecil risikonya. Saya pikir ada banyak nilai yang dapat terus kami berikan di tahun-tahun mendatang, namun kami perlu memastikan bahwa kami juga terus berkembang,” pungkasnya.
Editor: Wahyu Widiastuti
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News