Media Asuransi, JAKARTA – Sepanjang Januari hingga Agustus 2025, KAI Group telah melayani sebanyak 328.054.007 pelanggan, meningkat 8,51 persen dibanding periode yang sama tahun 2024 sebanyak 302.318.751 pelanggan.
Peningkatan ini tecermin di berbagai layanan KAI Group. Kereta Panoramic, Kereta Istimewa, dan Kereta Wisata yang dikelola KAI Wisata mencatat 146.952 pelanggan, tumbuh 48,00 persen dibanding 99.288 pelanggan pada periode yang sama tahun lalu.
|Baca juga: KAI Group Layani 115,39 Juta Pelanggan di Triwulan I/2025
LRT Jabodebek, berhasil melayani 18.320.610 pelanggan, naik 44,25 persen dari 12.700.737 pelanggan. KAI Bandara di Medan dan KA Bandara YIA Yogyakarta mencatat 4.639.062 pelanggan, meningkat 25,60 persen dari tahun lalu.
Di sisi lain, KAI Commuter mencatat 260.536.640 pelanggan, tumbuh 6,58 persen dari tahun lalu. Layanan kereta cepat Whoosh menunjukkan tren positif melayani 4.052.009 pelanggan, meningkat 5,52 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.
|Baca juga:YLKI Tolak Keras Gerbong Khusus Merokok di KAI
Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan bahwa peningkatan ini membuktikan layanan berbasis rel semakin memberi manfaat nyata bagi masyarakat, baik untuk mobilitas harian, perjalanan jarak jauh, wisata, maupun akses ke bandara.
“Setiap layanan KAI Group dirancang menjawab kebutuhan pelanggan yang beragam. Pertumbuhan ini mencerminkan semakin besarnya kepercayaan masyarakat terhadap transportasi rel sebagai pilihan utama yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ujar Anne dalam keterangan resminya, Kamis, 11 September 2025.
Dari sisi operasional, ketepatan waktu (On Time Performance/OTP) juga terjaga baik. Sepanjang Januari–Agustus 2025, rata-rata ketepatan berangkat KA penumpang KAI mencapai 99,50 persen, sedangkan ketepatan kedatangan sebesar 96,32 persen.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News