1
1

KAI, Kementerian Ekonomi Kreatif, dan Visinema Berkolaborasi Hadirkan Karakter Si Jumbo

Karakter animasi lokal Si Jumbo pada lokomotif kereta api. | Foto: KAI

Media Asuransi, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Kementerian Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta rumah produksi Visinema menghadirkan karakter animasi lokal Jumbo ke dalam layanan kereta api. Kolaborasi ini menjadi langkah strategis untuk mendorong ekosistem ekonomi kreatif nasional melalui pemanfaatan transportasi publik sebagai kanal promosi dan ruang pengalaman budaya yang menjangkau jutaan masyarakat.

Kolaborasi ini mempertegas sinergi antara KAI, pemerintah, dan pelaku industri kreatif dalam memperluas eksposur IP lokal dan memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan potensi industri kreatif yang besar. Dengan menghadirkan karakter Jumbo dalam layanan kereta api, KAI menunjukkan komitmennya untuk menjadi ruang promosi kreatif yang inklusif dan aktif mendukung karya anak bangsa.

|Baca juga: KAI Layani 240,9 Juta Pelanggan di Semester I/2025

“Kereta api memiliki daya jangkau yang luas, frekuensi perjalanan tinggi, dan segmen pelanggan yang beragam. Ini menjadi peluang besar bagi IP lokal untuk hadir langsung di ruang publik secara berulang dan berdampak,” ujar Direktur Niaga KAI, Hadis Surya Palapa, dalam keterangan resminya Jumat, 11 Juli 2025.

Sekretaris Kementerian Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dessy Ruhati, menyatakan bahwa kehadiran karakter Jumbo di layanan KAI merupakan contoh konkret kolaborasi antar-sektor yang menciptakan nilai tambah ekonomi. “Kolaborasi seperti ini menghubungkan pelaku ekonomi kreatif dengan masyarakat luas. Ini adalah bentuk keberpihakan terhadap industri lokal yang patut diapresiasi,” ujarnya.

|Baca juga:KAI Hadirkan 102 Water Station di 39 Stasiun

Hadis menambahkan, kehadiran karakter Jumbo dalam layanan KAI menjadi bagian dari inovasi perjalanan yang tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga menyenangkan dan penuh nilai hiburan. Karakter ini dihadirkan melalui desain visual tematik pada dua kereta unggulan yaitu KA Argo Dwipangga (Solo–Gambir pp) dan KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya–Gambir pp), meliputi bagian luar kereta, bordes, hingga interior.

|Baca juga: Kini Tersedia Shuttle Damri Stasiun Whoosh Halim-PIK 2

“Perjalanan kereta api kini menjadi lebih dari sekadar mobilitas. Ia adalah bagian dari gaya hidup dan ruang edukasi. Jumbo hadir untuk memperkaya momen perjalanan pelanggan, terutama bagi keluarga dan anak-anak,” tambah Hadis.

Kolaborasi ini juga memperluas segmentasi pasar KAI, menjangkau keluarga muda dan penumpang anak yang kini semakin diperhatikan dalam pengembangan layanan.

Sebagai IP asli Indonesia, Jumbo membawa narasi positif, nilai-nilai persahabatan, imajinasi, dan semangat kebangsaan. Hadirnya Jumbo di layanan kereta api merupakan bentuk kampanye Bangga Buatan Indonesia, sekaligus upaya untuk membangun kedekatan antara karya lokal dan masyarakat luas.

“Selain di atas kereta, aktivasi bertema Jumbo juga hadir di berbagai stasiun besar. Di Stasiun Yogyakarta, pelanggan disambut oleh balon karakter Jumbo raksasa setinggi lebih dari empat meter sejak 15 Juni hingga 15 Juli 2025. Sementara itu, stasiun Gambir, Solo Balapan, dan Pasarturi menghadirkan photo booth interaktif bertema Jumbo yang ramah anak. KAI juga mengadakan program stamp stasiun, di mana anak-anak dapat mengumpulkan cap stempel bertema Jumbo sebagai bagian dari kenangan perjalanan mereka,” kata Hadis.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Great Eastern Life Indonesia Dorong Sinergi Layanan Kesehatan Berkualitas lewat Healthcare Collaboration Forum 2025
Next Post MSIG Life dan KB Bank Luncurkan Smart Maxi Assurance

Member Login

or