1
1

KAI Layani 240,9 Juta Pelanggan di Semester I/2025

Aktivitas penumpang kereta di stasiun kereta Senen Jakarta. | Foto: Media Asuransi/Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – KAI Group mencatatkan kinerja gemilang sepanjang semester I/2025. Selama periode Januari hingga Juni, seluruh entitas KAI Group berhasil melayani 240.906.117 pelanggan, tumbuh 8,90 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang berjumlah 221.206.520 pelanggan.

“Yang membanggakan, seluruh layanan KAI Group mengalami peningkatan jumlah pelanggan. Ini bukan sekadar soal pertumbuhan angka, tetapi tentang bagaimana kepercayaan publik tumbuh melalui pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan terkoneksi,” ungkap Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, dalam keterangan reminya, Rabu, 9 Juli 2025.

|Baca juga:Turun, Jumlah Penumpang Pesawat, Kapal Laut, dan Kereta Api di Februari 2025

Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh LRT Jabodebek yang melayani 13.040.403 pelanggan, naik 50,14 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 8.685.648 pelanggan. Angka ini mencerminkan makin kuatnya peran LRT Jabodebek dalam mendukung mobilitas harian masyarakat di kawasan Jabodetabek dengan sistem transportasi yang terjadwal dan bebas kemacetan.

Lonjakan juga terjadi pada layanan KAI Wisata, anak usaha KAI yang menghadirkan layanan kereta eksklusif seperti Kereta Panoramic, Kereta Priority, serta Kereta Wisata tematik seperti Nusantara, Toraja, dan Imperial. Jumlah pelanggan meningkat dari 70.855 menjadi 100.176 pelanggan, tumbuh 41,38 persen. Layanan KAI Bandara pun mencatat pertumbuhan sebesar 27,29 persen, dari 2.709.305 menjadi 3.448.622 pelanggan.

|Baca juga: Jelang Pekan Terakhir Libur Sekolah, Penumpang Whoosh Tembus 23 Ribu Per Hari

Adapun KA Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola KAI melayani 27.463.555 pelanggan, meningkat tujuh persen dari tahun sebelumnya sebanyak 25.735.107 pelanggan. Sedangkan KAI Commuter, tulang punggung transportasi harian perkotaan, tetap dominan dengan 191.540.583 pelanggan, tumbuh 6,90 persen dari 179.165.922 pelanggan pada periode yang sama tahun lalu.

Seluruh pencapaian ini salah satunya ditopang oleh kinerja On Time Performance (OTP) yang tetap konsisten. Selama semester I/2025, ketepatan waktu keberangkatan KA Penumpang yang dikelola KAI mencapai 99,51 persen, dan ketepatan waktu kedatangan berada di angka 96,25 persen. Angka ini menjadi indikator penting bahwa sistem transportasi berbasis rel milik KAI semakin profesional dan dapat diandalkan.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Hang Seng Terkoreksi Terbebani Data Inflasi China
Next Post Asuransi Jasindo Hadirkan Mobil Sehat di Universitas Majalengka, Wujud Nyata Kepedulian Sosial

Member Login

or