Media Asuransi, JAKARTA – KCIC terus memperkuat transformasi layanan berbasis digital seiring dengan meningkatnya pemanfaatan transaksi online oleh penumpang Whoosh. Peralihan ke transaksi digital pada Oktober lalu, porsi transaksi online menunjukkan pertumbuhan signifikan.
Pada September, transaksi online tercatat sebesar 68,18%, meningkat menjadi 86,51% pada November, atau tumbuh sekitar 18,32%. Sejalan dengan hal tersebut, transaksi offline menurun dari 31,82% menjadi 13,49%.
|Baca juga: KCIC Hadirkan Program Edukasi Naik Whoosh Diskon Hingga 50%
Sebagai bagian dari penguatan layanan digital tersebut, mulai 17 Desember 2025 KCIC menghadirkan fitur pembatalan tiket secara online melalui platform kanal digital resmi, yakni Tiket.com dan Traveloka. Melalui layanan ini, penumpang yang melakukan pembelian tiket Whoosh melalui kedua platform tersebut dapat mengajukan pembatalan tiket langsung secara online tanpa perlu datang ke stasiun.
General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan bahwa tren peningkatan transaksi online tersebut menjadi dasar bagi KCIC untuk terus mengembangkan layanan digital yang memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi penumpang.
“Peningkatan pemanfaatan transaksi online menunjukkan bahwa penumpang semakin mengandalkan layanan digital dalam merencanakan perjalanan. KCIC merespons hal ini dengan menghadirkan layanan yang memudahkan penumpang dalam mengelola tiket, termasuk pembatalan secara online,” ujar Eva dalam keterangannya, Jumat, 19 Desember 2025.
|Baca juga: Jelang Liburan Sekolah, KCIC Beri Diskon Hingga 50% untuk Siswa Sekolah
Kolaborasi dengan kedua mitra ini merupakan bagian dari strategi KCIC dalam memperluas jangkauan layanan digital serta mendekatkan kemudahan akses kepada masyarakat. Penguatan kolaborasi ini juga sejalan dengan komitmen KCIC dalam menghadirkan layanan transportasi publik yang modern dan berorientasi pada kebutuhan pengguna.
Selain melalui mitra penjualan, fitur pembatalan tiket secara online juga telah tersedia di Aplikasi Whoosh. Penumpang dapat mengakses layanan pembatalan tiket melalui aplikasi hingga 2 jam sebelum jadwal keberangkatan. Aplikasi Whoosh juga menyediakan fitur penjadwalan ulang (reschedule) tiket secara online yang dapat diakses hingga 5 menit sebelum keberangkatan, sehingga memberikan fleksibilitas lebih bagi penumpang dalam menyesuaikan rencana perjalanan.
“Ke depan, KCIC akan terus melakukan evaluasi dan pengembangan layanan berbasis digital untuk meningkatkan kemudahan, fleksibilitas, serta kenyamanan perjalanan dengan Whoosh, sejalan dengan kebutuhan mobilitas masyarakat yang terus berkembang,” ujar Eva.
Editor : Wahyu Widiastuti
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
