1
1

Lebih dari 200 Ribu Penumpang KA, Manfaatkan Mudik Awal Ramadhan

Aktivitas penumpang kereta di stasiun kereta Senen Jakarta. | Foto: Media Asuransi/Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat dalam periode 28 Februari hingga 2 Maret 2025, total sebanyak 246.127 pelanggan menggunakan layanan kereta api jarak jauh (KA JJ). Rinciannya, pada 28 Februari sebanyak 125.008 penumpang, pada 1 Maret 69.719 penumpang, dan pada 2 Maret 51.400 penumpang. Angka ini akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengungkapkan bahwa tren pulang kampung jelang Ramadan merupakan hal yang biasa terjadi. Masyarakat cenderung ingin melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman, sehingga permintaan perjalanan dengan kereta api meningkat.

“KAI terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas, serta penerapan berbagai inovasi guna meningkatkan kenyamanan perjalanan,” ujar Anne dikutip dari keterangan resmi, Senin, 3 Maret 2025.

|Baca juga:KAI Hadirkan Kereta Api Batavia, Pilihan Baru Rute Jakarta-Solo (PP)

Guna mengakomodasi tingginya minat masyarakat, KAI telah menyiapkan berbagai langkah strategis, seperti optimalisasi jumlah perjalanan kereta, peningkatan layanan digital, serta penerapan program keberlanjutan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman, KAI terus meningkatkan fasilitas di dalam kereta, termasuk penyediaan layanan hiburan terbaru melalui platform Entertainment on Board (EOB) di kelas Luxury dan Compartment Suites. Fitur ini memungkinkan pelanggan menikmati berbagai pilihan hiburan selama perjalanan mereka.

Dalam upaya mempercepat proses boarding, KAI juga telah memperluas implementasi Face Recognition Boarding Gate di 21 stasiun utama. Teknologi ini memungkinkan pelanggan melakukan boarding lebih cepat dan efisien tanpa perlu menunjukkan tiket fisik dan identitas.

|Baca juga:KAI Siapkan Kereta Api Tambahan untuk Libur Panjang Januari 2025

Khusus di bulan Ramadan, KAI juga akan membagikan takjil gratis bagi pelanggan yang berbuka puasa di stasiun. Sebanyak 34.400 paket takjil telah disiapkan dan akan didistribusikan di 21 stasiun utama guna memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang menjalankan ibadah puasa.

“Kami terus mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan berbagai fitur layanan digital yang telah disediakan untuk kemudahan perjalanan, termasuk pemesanan tiket secara online serta layanan check-in dengan sistem face recognition. Dengan berbagai inovasi ini, kami berharap pengalaman perjalanan pelanggan semakin nyaman, praktis, dan efisien,” tambah Anne.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan, KAI juga menghadirkan program Merchandise for Kids, di mana anak-anak yang bepergian dengan kereta api akan mendapatkan tumbler dan meal box. Inisiatif ini tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak, tetapi juga mendukung upaya pengurangan limbah plastik.

“Dengan berbagai peningkatan layanan dan komitmen terhadap keberlanjutan, KAI optimistis dapat memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi pelanggan selama periode Ramadan,” tutup Anne.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Willy Dwi Perkasa Ajukan Pembatalan Homologasi atas Waskita Beton Precast (WSBP)
Next Post Salim Ivomas Pratama (SIMP) Bukukan Laba Rp1,55 Triliun pada 2024

Member Login

or