1
1

Lion Parcel Catat Kenaikan Pengiriman Lebih dari 20 Persen selama Ramadan 2023

Head of Brand Lion Parcel Benno Suryo Ariantoputro (kiri) sedang berbincang dengan salah satu partner Lion Parcel. | Foto: doc

Media Asuransi, JAKARTA – Parcel (PT Lion Express), perusahaan jasa ekspedisi terkemuka di Indonesia mencatat terjadinya peningkatan lebih dari 20% pada volume pengiriman sepanjang bulan Ramadan 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Adanya peningkatan ini seiring meningkatnya antusiasme belanja di social commerce salah satunya terkait kebutuhan Ramadan dan persiapan lebaran.

Selain itu, jaminan PASTI: Paket Telat Sehari, Ongkir Diganti turut memberikan ekstra keamanan dalam perjalanan pengiriman paket pelanggan bersama Lion Parcel karena adanya jaminan uang kembali apabila paket tiba sehari dari waktu yang dijanjikan.

Head of Brand Lion Parcel, Benno Suryo Ariantoputro, mengatakan bahwa Makassar mencatat perkembangan yang sejalan dengan pertumbuhan ini, yakni revenue di area tersebut meningkat lebih dari 15% di bulan Ramadan 2023. Salah satu faktor pendorong adalah tingginya antusiasme belanja online masyarakat Sulawesi Selatan di e-commerce sejak tahun lalu, di mana sepanjang 2022 menyentuh Rp5,67 triliun atau tumbuh 19,5% year on year (yoy).

| Baca juga: Lion Parcel Dukung Percepatan Distribusi Pos Indonesia

Sejalan dengan perkembangan permintaan ini, Lion Parcel juga terus meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) sebagai faktor pentingpada layanannya. Berbagai inisiatif dan inovasi telah dilakukan untuk menciptakan customer experience yang lebih seamless, meliputi: integrasi customer journey lewat pengembangan touchpoints pelanggan secara end to end, termasuk aplikasi Lion Parcel sebagai one stop solution yang meningkatkan aksesibilitas.

Lewat aplikasi ini, lanjut Benno, para pelanggan bisa mengakses berbagai informasi dan layanan Lion Parcel, mulai dari melakukan permintaan pick-up dan pembayaran ongkos kirimnya, melihat status resi pengiriman secara realtime, memeriksa harga ongkos kirim, berbelanja di platform toko online Lion Parcel, BisaBelanja, hingga loyalty program PARCEL POIN.

Pengembangan CRM (Customer Relationship Management) yang terintegrasi, baik dengan sistem internal, seperti website, aplikasi, OMS (Order Management System), maupun sistem eksternalseperti payment gateway dan partner asuransi.

Menurutnya, seluruh touchpoints pelanggan seperti WhatsApp dan sosial media juga turut terintegrasi guna memastikan seluruh permintaan pelanggan dapat ditangani dengan baik.

Pengenalan virtual assistant Liona untuk layanan pelanggan yang lebih praktis dan mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Liona hadir pada berbagai platform yang siap membantu setiap pelanggan atau calon pelanggan yang sedang mencari informasi seputar Lion Parcel dan layanannya.

|Baca juga: Tonase Pengiriman Lion Parcel Naik 70 Persen di 2022

“Seiring dengan meningkatnya permintaan pelanggan terhadap layanan logistik Lion Parcel, penting bagi kami untuk fokus memastikan bahwa mereka tetap mendapatkan pengalaman pelanggan terbaik,” tutur Benno.

Oleh karena itu, Lion Parcel berkomitmen untuk terus memberikan customer experience terbaik bagi para pelanggan secara end to end. Lewat berbagai pengembangan teknologi dan inovasi di semua lini touchpoints, kami yakin dapat meningkatkan keseluruhan pengalaman mengirim barang pelanggan Bersama Lion Parcel,” ungkap Customer Experience Manager Lion Parcel, Dewi Fatnim.

Selain itu, Lion Parcel juga terus mendengarkan kebutuhan para pelanggan dan secara aktif memperkenalkan program-program terbaru. Salah satunya adalah loyalty program PARCEL POIN sebagai bentuk apresiasi Lion Parcel kepada para pelanggan. PARCELPOIN dapat dikumpulkan oleh para pelanggan Lion Parcel dengan melakukan pengiriman paket melalui retail agent, marketplace, atau aplikasi.

Penukaran poin ini dapat dilakukan lewat aplikasi Lion Parcel untuk mendapatkan potongan ongkos kirim pengiriman paket atau ditukar dengan berbagai e-voucher untuk belanja fashion, food & beverages, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat juga program Diskon 20% untuk pengiriman di bawah 1 kg sebagai salah satu usaha Lion Parcel untuk menawarkan added-value dalam layanannya kepada para pelanggan, terutama para seller dan UMKM yang melakukan pengiriman lewat agen Lion Parcel di seluruh Indonesia. Saat ini Lion Parcel memiliki lebih dari 7.000 agen, 15.000 kurir pengiriman, serta 3.000 armada pengiriman.

“Kami yakin seluruh inisiatif, program, dan customer experience kami, baik dengan skala lokal maupun nasional, dapat terus mendukung kebutuhan pengiriman masyarakat di Makassar dan sekitarnya, meningkatkan proses distribusi barang Tanah Air, serta mewujudkan target peningkatan volume pengiriman Lion Parcel hingga 45% pada akhir tahun 2023,” tutur Benno.

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Laba Bersih Hannover Re Meningkat 13 Persen di Kuartal I/2023
Next Post Gagal Bayar Kupon Obligasi, Peringkat Waskita Karya Diturunkan Jadi idD

Member Login

or