Media Asuransi, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus memperkuat transformasi digital untuk peningkatan layanan penyeberangan. Hingga 31 Agustus 2025, aplikasi pemesanan tiket online Ferizy mencatat 3,23 juta pengguna, naik signifikan dari 2,59 juta pengguna pada Oktober 2024. Dalam kurun kurang dari setahun, jumlah pengguna tumbuh 24,7 persen atau bertambah 640 ribu akun baru.
Direktur Utama ASDP, Heru Widodo, menegaskan bahwa pencapaian ini bukan sekadar angka statistik, melainkan bukti konsistensi manajemen dalam menghadirkan layanan digital yang mudah diakses, aman, dan efisien bagi seluruh pengguna jasa.
|Baca juga: Pacu Ekonomi Daerah, ASDP Kembangkan Waterfront Marina Labuan Bajo dan BHC
“Pertumbuhan pesat ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan publik sekaligus kesadaran masyarakat untuk beralih ke sistem digital. Ferizy hadir bukan hanya sebagai aplikasi tiket, melainkan sebagai ekosistem perjalanan yang memberikan pengalaman menyeberang lebih lancar, nyaman, dan selamat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis, 18 September 2025.
Sejak diluncurkan pada 2020, porsi transaksi tiket digital melalui Ferizy terus meningkat. Jika pada awal penerapan tiket manual masih dominan, kini kondisinya berbalik. Dari 36 pelabuhan yang dikelola ASDP, hanya tersisa dua pelabuhan yang tengah menyelesaikan tahap persiapan go live.
Pada Oktober mendatang, seluruh transaksi tiket penyeberangan nasional ditargetkan 100 persen berbasis digital. Adapun di lintasan utama seperti Merak–Bakauheni dan Ketapang–Gilimanuk, digitalisasi tiket telah sepenuhnya diterapkan.
|Baca juga: ASDP Perluas Akses ke Daerah Wisata Raja Ampat
Seluruh tiket kini hanya bisa diakses melalui Ferizy, menandai era baru penyeberangan yang lebih modern, transparan, dan akuntabel. Dengan e-ticketing, masyarakat dapat merencanakan perjalanan lebih praktis. Tiket bisa dipesan sejak H-60 hingga paling lambat H-1 sebelum keberangkatan. Sistem juga memastikan alur masuk pelabuhan lebih tertib dengan penerapan mekanisme first in first out.
Heru menambahkan, transformasi digital ASDP akan terus dikembangkan secara realistis dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. “Ke depan, kami akan memperkuat integrasi Ferizy dengan sistem operasional pelabuhan untuk menciptakan smart port yang lebih efisien. Kami juga menyiapkan layanan pelanggan berbasis digital agar perjalanan ferry semakin mudah, terukur, dan memberi kepastian lebih baik bagi pengguna jasa,” tegasnya.
Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, menambahkan bahwa digitalisasi Ferizy membawa manfaat strategis bagi manajemen operasional. “Dengan e-ticketing, jumlah penumpang dan kendaraan diatur sesuai kapasitas kapal. Hal ini meningkatkan kenyamanan sekaligus menjaga aspek keselamatan. Pengguna jasa pun mendapat kepastian waktu check-in dan keberangkatan yang lebih disiplin,” jelasnya.
Editor: Wahyu Widiastuti
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News