Media Asuransi, GLOBAL – Sentimen Netflix melonjak pada tahun 2023, didorong oleh strategi termasuk rencana periklanan baru, pengenalan opsi berbagi berbayar, dan ekspansi dinamis ke sektor game.
GlobalData, perusahaan data dan analisis terkemuka, mencatat lonjakan ini didukung oleh peningkatan luar biasa dalam jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU) dan keberhasilan diversifikasi penawaran hiburan.
Basis Data Analisis Pengarsipan Perusahaan GlobalData, yang menganalisis dan menampilkan sentimen di seluruh perusahaan dan industri dengan memindai transkrip penghasilan dan dokumen pengarsipan, menemukan bahwa keseluruhan sentimen Netflix meningkat secara konsisten pada tahun 2023 selama tiga kuartal berturut-turut hingga kuartal IV/2023.
|Baca juga: Eropa Desak Facebook, Netflix, Google Dkk Patungan Bangun Infrastruktur
Menurut transkrip terbaru Netflix, layanan streaming tersebut saat ini memiliki 23 juta MAU, peningkatan yang signifikan dari 15 juta pada bulan Desember 2023 dan lompatan besar dari hanya lima juta pada bulan Mei 2023.
Misa Singh, Analis Fundamental Bisnis di GlobalData, menjelaskan Netflix membukukan hasil yang baik untuk tahun 2023 dan lebih khusus lagi pada kuartal terakhir. Perusahaan juga optimistis terhadap pertumbuhan di masa depan, karena sektor game terus berkembang, dan melakukan beberapa penyesuaian dalam pendekatan penetapan harga.
“Penelusuran mendalam ke dalam basis data analisis pengarsipan GlobalData mengungkapkan peningkatan fokus Netflix dalam menghasilkan konten baru dan musim kembalinya acara-acara pemenang penghargaan,” jelasnya dalam riset yang dikutip, Sabtu, 3 Februari 2024.
Selain itu, perusahaan meluncurkan rencana periklanan baru yang memungkinkan bisnisnya mengenakan biaya lebih sedikit kepada pelanggan. Paket periklanan AS menunjukkan dampak yang menguntungkan, dengan total pendapatan rata-rata per anggota (ARM) lebih tinggi dari paket normal.
“Mereka juga meluncurkan kemitraan pengukuran dengan Nielsen di AS. Selain itu, mereka memperkenalkan opsi berbagi berbayar sebagai inisiatif penting untuk meningkatkan platform streaming bagi anggota yang membayar dan membangun bisnis.”
|Baca juga: Pemerintah Mau Blokir WhatsApp, Instagram hingga Netflix
Perusahaan hiburan Amerika ini mengembangkan lini produknya, menghasilkan aliran pendapatan baru dan memasuki sektor game. Perusahaan tersebut memandang video game sebagai genre pemrograman baru, seperti perluasannya ke TV tanpa naskah, animasi, dan film orisinal. Misalnya, trilogi Grand Theft Auto dari Rockstar Games yang dirilis pada kuartal IV/2023. Peluncuran ini menghasilkan jumlah unduhan dan keterlibatan yang luar biasa, menjadikan Netflix sebagai salah satu platform terkemuka untuk unduhan game seluler selama beberapa minggu.
Selain itu, Netflix menghadirkan acara televisi yang sukses, termasuk serial baru yang populer dan season kedua di hampir semua kategori TV. Melalui jangkauan, personalisasi, dan pemasaran kreatifnya yang hampir mendunia, perusahaan ini berkonsentrasi untuk menyatukan para pembuat konten dan sejumlah besar pengikut setianya. Misalnya, pengumuman baru-baru ini tentang program acara langsung WWE Raw merupakan hal yang tepat untuk bisnis olahraga.
Singh menyimpulkan jalur Netflix pada tahun 2023, yang ditandai dengan kemampuan beradaptasi strategis dan diversifikasi konten, mencerminkan pendekatan visioner dalam industri streaming.
“Karena perusahaan ini mengintegrasikan game dengan lancar dan mengoptimalkan keterlibatan pengguna, perusahaan ini berdiri di garis depan dalam lanskap hiburan yang terus berkembang, menjanjikan masa depan yang dinamis dan menarik.”
Editor: Achmad Aris
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News