Media Asuransi, JAKARTA – Tiga perusahaan dari sektor mobilitas, waste management, dan digital banking kini mengambil langkah konkret untuk memperkuat ekosistem pengelolaan sampah yang lebih modern dan terintegrasi di Indonesia.
Bluebird Group, Rekosistem, dan BCA Digital meresmikan #bluBuatBaik Waste Station terbaru di Pool Bluebird Group Jimbaran, Bali, menghadirkan titik drop-off sampah terpilah berbasis insentif digital yang mudah diakses masyarakat.
Bluebird Group menghadirkan lokasi strategis yang memudahkan partisipasi masyarakat, Rekosistem memastikan proses pengolahan sampah berjalan terukur hingga tahap akhir, sementara BCA Digital menghadirkan insentif saldo digital blu dari konversi Rekopoin untuk setiap sampah terpilah yang disetorkan di waste station.
|Baca juga: Bos Apindo dan Dirut Blue Bird Beberkan Rahasia Sukses Bisnis Keluarga
Sebagai pendorong utama program, BCA Digital memanfaatkan teknologi finansial untuk memperkuat motivasi masyarakat dalam memupuk kebiasaan memilah sampah. “Sebagai impact-oriented technology company, kami ingin memastikan kehadiran kami membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. Salah satu caranya dengan menumbuhkan kebiasaan pengelolaan sampah yang lebih bertanggung jawab dan mendorong perkembangan ekonomi sirkular di Indonesia,’’ ujar Head of Corporate Communications BCA Digital Nariswari Yudianti, dalam keterangannya, Kamis, 18 Desember 2025.
Karena itu, lanjutnya, pihaknya memulai langkah konkret dengan menghadirkan #bluBuatBaik waste station bersama para mitra. ‘’Selain itu, kami juga memanfaatkan platform blu by BCA Digital untuk memberikan insentif berupa saldo bluAccount dari konversi Rekopoin, sehingga partisipasi masyarakat dapat berjalan lebih mudah dan terasa manfaatnya secara langsung,” jelas Nariswari.
|Baca juga: Blue Bird Bagi Dividen Tunai 2023 sebesar Rp227,69 Miliar
Peresmian ini menghadirkan #bluBuatBaik waste station kedelapan yang dihadirkan BCA Digital bersama Rekosistem. Sebelumnya, tujuh titik lain telah beroperasi di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Surabaya, dengan tingkat keterlibatan publik yang konsisten. Secara kumulatif, ekosistem Rekosistem x BCA Digital telah mengumpulkan 163.595,12 kilogram sampah dan menekan 154.638,6 kilogram emisi CO₂, dengan dominasi sampah kertas, kardus, dan plastik. Hingga kini, lebih dari 2.774 individu tercatat sebagai pengguna aktif.Nariswari menambahkan bahwa kolaborasi lintas sektor dengan Bluebird Group dan Rekosistem menjadi kekuatan besar dalam program ini.
Bluebird Group berperan menghadirkan logistik ramah lingkungan, sementara Rekosistem memastikan pengelolaan sampah dari titik pengumpulan hingga daur ulang berlangsung secara terukur. “Kolaborasi ini membuktikan bahwa ketika digital banking, mobilitas, dan greentech saling terhubung, kita dapat memperkuat circular economy dari hulu ke hilir dan mendorong dampak lingkungan yang lebih berkelanjutan,” lanjutnya.
Editor : Wahyu Widiastuti
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
