1
1

UOB Luncurkan Business Circle di Indonesia untuk Dukung Pemimpin Bisnis Generasi Penerus

(kiri-kanan) Head of Strategic Communications and Brand UOB Indonesia, Maya Rizano, Wholesale Banking Director UOB Indonesia, Harapman Kasan, dan Head of Commercial Banking UOB Indonesia Fenny Wiratama, saat peluncuran UOB Business Circle di Jakarta, 24 Juli 2025. | Foto: UOB Indonesia

Media Asuransi, JAKARTA – UOB Indonesia resmi meluncurkan The Business Circle, sebuah program khusus yang dirancang untuk mendampingi perusahaan keluarga dalam mengembangkan wawasan, berbagi pengalaman, dan menjalin koneksi dengan rekan bisnis di kawasan ASEAN.

Pertama kali diperkenalkan di Singapura pada 2019, dan kemudian di Thailand serta Malaysia, The Business Circle mendampingi para pemimpin bisnis generasi penerus dalam menghadapi tantangan kompleks pengelolaan usaha. Program ini mencakup berbagai kegiatan seperti forum diskusi, kunjungan pasar, serta sesi berbagi pengetahuan yang membahas isu-isu strategis, mulai dari perencanaan suksesi, transformasi digital, kecerdasan buatan (AI), hingga keberlanjutan. Semua dirancang untuk membantu peserta memperkuat strategi pertumbuhan berkelanjutan dan menciptakan kolaborasi baru lintas negara.

|Baca juga: UOB Indonesia Ingatkan untuk Prioritaskan Alokasi Keuangan di Tahun 2025 yang Menantang

Saat ini, komunitas The Business Circle telah menjangkau lebih dari 1.000 anggota di kawasan. Pada tahun 2024 saja, UOB telah menggandeng sekitar 330 perusahaan untuk mengeksplorasi peluang bisnis di pasar ASEAN dan membangun koneksi baru.

Wholesale Banking Director UOB Indonesia, Harapman Kasan, mengatakan bahwa Indonesia memiliki komunitas bisnis keluarga yang sangat dinamis, sekitar 95 persen dari perusahaan tercatat di bursa merupakan bisnis keluarga, dan mereka berkontribusi hampir 53 persen terhadap PDB nasional.

|Baca juga: Bank DBS Indonesia dan UOB Indonesia Bersinergi Salurkan Rp1,7 Triliun Pendanaan Hijau

Kini, banyak dari bisnis ini dipimpin oleh generasi baru yang berpikiran terbuka, visioner, dan berorientasi global. “Sebagai bagian dari komitmen UOB sebagai One Bank for ASEAN, program The Business Circle hadir untuk mendukung para pemimpin muda ini dengan menyediakan ruang untuk berbagi ide, memperluas wawasan, dan membangun warisan bisnis yang berkelanjutan di tingkat regional,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat, 25 Juli 2025.

Berdasar UOB Business Outlook Study (SMEs and Large Enterprises) 2025, lebih dari 76 persen pemimpin bisnis di Indonesia merupakan pengambil keputusan dari generasi penerus, yang mendorong transformasi melalui digitalisasi, keberlanjutan, dan ekspansi regional.

Hampir 76 persen di antaranya berencana memperluas bisnis ke luar negeri, dengan adopsi teknologi seperti cloud computing (51 persen) dan blockchain (41 persen) yang terus meningkat.

Selain itu, para pemimpin ini juga memprioritaskan kesejahteraan tenaga kerja, ketahanan rantai pasok, dan pertumbuhan jangka panjang, menunjukkan adanya pergeseran dari model bisnis tradisional menuju kepemimpinan yang lebih visioner dan berorientasi pada tujuan.

Dengan kehadiran regional yang kuat dan kapabilitas terintegrasi, UOB menghubungkan pelaku bisnis dengan peluang global melalui jaringan perdagangan kami yang luas, didukung keahlian sektor dan platform rantai pasok yang terpadu.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Pasar Asuransi Umum Australia Diramal Tembus US$93,9 Miliar di 2029, Ini Pendorong Utamanya!
Next Post Danantara Genjot 22 Program Strategis Tuntas hingga Akhir 2025, Termasuk Restrukturisasi Asuransi!

Member Login

or