1
1

Mengungkap Peran Vital PR Mendorong Pertumbuhan Start-Up

Ilustrasi. | Foto: freepick.com

Media Asuransi, JAKARTA – Perusahaan start-up punya tantangan tersendiri dalam membangun dan mengembangkan brand di pasar yang kompetitif. Ada strategi tak terlihat namun sangat berpengaruh, yakni strategi kehumasan atau public relations (PR).

Dengan memanfaatkan kekuatan PR, start-up dapat mencapai tujuan bisnis dan membedakan diri dengan kompetitor.

Senior PR Manager Fuse, Nikky Sirait, mengatakan bahwa ada sejumlah peran penting yang bisa dimainkan oleh PR, yakni membangun citra perusahaan, memperluas jaringan dan menciptakan hubungan yang baik dengan stakeholder atau pemangku kepentingan. Fuse adalah start-up insurtech.

|Baca juga: HIPMI: Startup Harus Didorong Naik Kelas dan Melek Merek Lokal

“Menciptakan kesadaran merek atau brand awareness menjadi salah satu prioritas utama di fase awal perusahaan start-up. Menciptakan kesadaran merek bisa dilakukan melalui strategi hubungan media. Melalui kerja sama dengan media, PR dapat membantu perusahaan start-up mendapatkan liputan pers yang positif. Berita dan artikel tentang perusahaan, produk, atau inovasi dari start-up itu sendiri akan membantu meningkatkan visibilitas di mata konsumen potensial,” kata Nikky Sirait dalam keterangan resminya, Senin, 12 Juni 2023.

Setelah brand awareness mulai terbentuk, membangun citra positif adalah aspek penting. PR membantu perusahaan start-up dalam merumuskan pesan yang konsisten dan mencerminkan nilai-nilai dan visi perusahaan.

Melalui penggunaan narasi yang kuat, PR dapat membentuk persepsi positif terhadap perusahaan dan produknya. Engagement atau keterlibatan masyarakat juga perlu dijalin.

“Tidak hanya keterlibatan masyarakat, engagement media sosial juga perlu dibangun. PR berperan dalam memanfaatkan kekuatan media sosial untuk membangun engagement dan memperluas jangkauan start-up. Dengan mempublikasikan konten yang relevan dan menarik, PR dapat menciptakan hubungan yang berkelanjutan dengan audiens dan memperkuat citra merek,” ujar Nikky.

Dengan mengorganisir acara atau kegiatan sosial, PR dapat membantu perusahaan start-up terlibat dengan komunitas lokal dan menciptakan hubungan yang kuat dengan para pemangku kepentingan.

“Kerja-kerja PR membutuhkan ketekunan dan kreativitas. Tidak ada jalan pintas, yang ada adalah proses yang berkelanjutan. Dengan mengaplikasikan strategi PR dengan matang, perusahaan startup dapat mencapai tujuan bisnis, memperluas pangsa pasar, dan membangun pondasi yang solid untuk pertumbuhan jangka panjang,” pungkasnya.

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Bain Capital dan Accel Investasikan US$190 Juta untuk Penyedia Keamanan Siber
Next Post Braemont Capital Suntik Dana US$125 Juta ke Incline P&C Group

Member Login

or